1. HOME
  2. DIGITAL
CEK AJA

Plus dan Minus Smartphone untuk Pekerja Kantoran

Dengan menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi chat seperti whatsapp atau line. Tapi...

By Dwifantya Aquina 13 Februari 2017 09:07
Bekerja dengan smartphone sangat membantu tapi jangan sampai mengganggu jam kerja (Huffingtonpost.com)

Money.id - Smartphone alias ponsel pintar sekarang telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Tidak hanya untuk berkomunikasi, smartphone juga bisa menjadi sember hiburan bahkan perangkat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Walau begitu, kehadiran Smartphone sebenarnya memiliki nilai plus dan minus tertentu, terutama untuk karyawan kantor. Apa saja plus minusnya? Yuk simak ulasan yang dikutip dari CekAja.com berikut ini.

Plus: Bikin komunikasi dengan tim lebih lancar

Dengan menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi chat seperti whatsapp atau line. Tentu sudah bukan hal yang asing lagi kalau tim di kantor memiliki group chat tersendiri.

Nah lewat group chat tersebut, biasanya kamu dan tim saling berkomunikasi untuk urusan seputar kantor. Tentu komunikasi antar satu sama lain jadi lebih mudah.

Minus: Kecanduan sosial media, pekerjaan terbengkalai

Karena asyik main sosial media atau chatting dengan teman di jam bekerja, maka tidak jarang pekerjaan jadi terbengkalai. Tentu ini bukan merupakan hal yang baik dan harus segera kamu atasi.

Untuk itu, kamu harus mengatur waktu dengan baik kapan kamu boleh main sosial media dan chat dengan teman kapan kamu harus fokus dengan pekerjaan.

Plus: Kerjakan tugas di smartphone

Smartphone masa kini benar-benar canggih, kamu bisa memasang berbagai aplikasi yang bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan. Mulai dari microsoft office, PDF, aplikasi edit video sederhana dan sebagainya.

Minus: Asyik kerja, lupa waktu libur

Karena kamu bisa mengerjakan pekerjaan di smartphone, kamu jadi suka lupa waktu. Padahal kamu sedang tidak dalam waktu bekerja dan seharusnya menikmati waktu berlibur, malah terus cek email dan pekerjaan.

Kalau sudah begini, tidak baik juga untuk kehidupanmu. Apalagi kalau sudah berkeluarga, bisa-bisa pasangan dan anak akan komplain karena kamu terlalu mementingkan pekerjaan dibanding menikmati waktu bersama mereka. (Baca juga: 5 Langkah Mudah Ajukan Pinjaman Online Bunga Ringan)

Semua tergantung dirimu

Walau begitu, penggunaan smartphone bisa jadi lebih menguntungkan dan tidak memberikan kamu kerugian. Hal tersebut dapat terjadi apabila kamu menggunakan smartphone secara bijak, tahu kapan harus menggunakannya untuk kebutuhan perkejaan dan kebutuhan lainnya. 

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section