1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Ide Bisnis Sampingan yang Akan Bertahan Lama

Lewat bisnis sampingan Anda bisa menambah penghasilan dalam jangka waktu panjang.

By Dwifantya Aquina 9 Maret 2017 08:45
Ilustrasi bisnis sampingan (dailyfinance.com)

Money.id - Perekonomian yang kian lama kian sulit harus diatasi. Bila tidak, rumah tangga kita akan mengalami dampaknya. Lihat saja, hampir semua harga bahan kebutuhan hidup meroket. Solusinya tentu berhemat atau menambah penghasilan.

Nah, bila Anda ingin menambah penghasilan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menjalankan bisnis sampingan. Berikut ini 4 ide bisnis sampingan yang diprediksi akan bertahan lama seperti dikutip dari CekAja.com.

 

Bisnis budidaya

Nama bisnis budidaya semakin melambung lantaran sejumlah orang yang sukses melakukannya. Jika diteliti lebih lanjut, bisnis budidaya menjanjikan karena memiliki pasar yang besar. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Namun, Anda harus harus ulet dan sabar. Sejumlah bisnis budidaya bahkan bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan di rumah. Contohnya adalah budidaya belut. Hewan satu ini memiliki daya tahan yang luar biasa.

Oleh karenannya tidak membutuhkan perhatian ekstra. Selain itu, pakan belut juga mudah diperoleh seperti kodok, ikan, dan cacing. Cukup dengan memberi pakan secara teratur, belut akan hidup dengan sehat. (Baca juga: 5 Bisnis Online yang Kerap Jadi Modus Penipuan)

Bisnis laundry

Bila Anda tinggal dekat kampus, perkantoran atau permukiman, mendirikan jasa binatu bisa menguntungkan. Modal bisnisnya pun tidak terlalu besar (untuk skala pemula). Nilainya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Nah, bisnis satu ini juga bisa dijadikan sebagai bisnsi sampingan.

Anda cukup mencari pekerja yang rajin. Untuk urusan manajemen, ini bisa dilakukan secara sampingan. Bila tidak mau repot beli waralaba laundry yang sudah menyediakan sistem dan pekerja. Anda cukup menyediakan modal dan tempat usaha.

Bisnis angkut sampah

Rumah Anda dekat dengan permukiman baru? Bisa jadi permukiman tersebut belum punya operator pengangkut sampah sendiri. Para penghuni permukan tersebut pun kerap kerepotan dnegan masalah sampah. Nah, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis sampingan yakni jasa angkut sampah.

Cukup sediakan motor dengan bak sampah gandeng, Anda bisa menjadi operator jasa pembuangan sampah rumah tangga di akhir pekan. Caranya sederhana, cukup tawarkan jasa untuk mengangkut sampah rumah tangga ke tempat pembuangan sampah yang ada di kotamu. Pekerjaan ini bisa dilakukan di akhir pekan.

Bisnis tanaman hias

Suka dengan tanaman dan punya pengetahuan soal merawat tanaman? Anda sudah punya modal menjadi pengusaha. Bila Anda tidak punya pengetahuan atau latar belakang sebagai ahli tanaman, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak.

Asyiknya, bisnis yang berkaitan erat dengan hobi ini bisa dikerjakan di waktu senggang, misalnya ketika pulang kerja. Nah, beberapa jenis tanaman yang bisa Anda budidaya di antara anggrek, kaktus mini, adenium, Anthurium hingga melati gambir. (Baca juga: Mayoritas Orang Sukses Melakukan Hal Ini Sebelum Usia 30)

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section