1. HOME
  2. NEWS
UNIK

Tempat Tidur Anti-Gempa Diciptakan, Ini Cara Kerjanya

Tempat tidur juga dapat menyimpan perlengkapan hidup dasar seperti air, makanan, masker gas dan kotak pertolongan pertama.

By Dwifantya Aquina 21 Desember 2015 13:35
Tempat tidur anti-gempa (YouTube)

Money.id - Seorang penemu asal China bernama Wang Wenxi berhasil mengembangkan konsep tempat tidur anti-gempa yang akan melindungi seseorang saat tidur. Wenxi telah mengembangkan konsep temuannya ini sejak 2010, ketika ia pertama kali mendapatkan hak paten.

Dikutip dari nydailynews.com, Senin 21 Desember 2015, konsep terbaru yang dibuat Wenxi menggambarkan lemari besi baja yang 'menyamar' sebagai tempat tidur yang akan 'menelan' seseorang ketika mendeteksi gempa bumi. Tempat tidur juga dapat menyimpan perlengkapan hidup dasar seperti air, makanan, masker gas dan kotak pertolongan pertama.

"Saya mengalami gempa Xingtai dan Tangshan, hal itu memberi saya pemahaman yang lebih tentang bencana alam tersebut," kata pensiunan berusia 66 tahun itu kepada China Daily.

"Gempa Wenchuan dan Yushu disebabkan sebab-akibat yang berat, jadi saya pikir hal yang paling serius yang bisa saya lakukan adalah untuk menciptakan sesuatu yang dapat mengurangi jumlah korban dalam hidup."

Video animasi, yang dibuat oleh insinyur Rusia Dahir Semenov, menunjukkan beberapa model yang berbeda dari tempat tidur ukuran besar untuk ganda. Ada sedikit variasi dalam desain, tetapi mereka semua cenderung bekerja dengan cara yang sama.

Video dari model terbaru juga menunjukkan berbagai jenis tempat tidur dengan alat-alat yang berbeda. Salah satu jenis akan menurunkan dua pintu di sekitar Anda, yang lain akan menjatuhkan Anda ke dalam kotak, sementara satu lagi hanya akan menyedot saat gempa terdeteksi di tempat Anda.

Model tempat tidur anti-gempa yang Wenxi rancang sebelumnya terbuat dari kayu dan akan membalikkan ke tempat persembunyian di mana korban dapat tetap dilindungi sampai tanah berhenti gemetar atau bantuan datang.

Temuan Wenxi dinilai begitu mulia dan diprediksi bakal laku keras di tempat-tempat seperti Pantai Barat. Namun, beberapa orang menilai gagasan 'ditelan' tempat tidur dapat menakutkan bagi banyak orang.

Pada akhirnya, itu tergantung pada Anda, lebih takut pada gempa atau terkunci di dalam sebuah 'makam' logam.

Penasaran seperti apa tempat tidur anti-gempa itu? Berikut videonya.

 

(da/da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section