1. HOME
  2. NEWS

Video Amatir Jatuhnya T-50i Beredar, TNI AU: Jangan Percaya

TNI AU mengirim tim investigasi khusus ke Yogyakarta. Investigasi ini melibatkan ahli dari Korea

By Dian Rosalina 20 Desember 2015 16:11
Pesawat tempur T-50i Golden Eagle (Merdeka.com)

Money.id - Kepala Pusat Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Dwi Badarmanto angkat bicara mengenai video amatir yang beredar di dunia maya. Dalam video itu, pesawat yang diduga T-50i Golden Eagle milik TNI AU jatuh.

"Jangan percaya dulu dengan video amatir yang tersebar agar tidak ada spekulasi, sementara ini," kata Dwi dalam jumpa pers, 20 Desember 2015.

Dia menegaskan, TNI AU telah menurunkan tim khusus untuk mengusut penyebab kecelakaan pesawat tempur terbaru milik TNI itu. "Serahkan kepada kami karena ada saatnya kami akan menjelaskan secara rinci dan jelas," imbuhnya.

Dalam video yang beredar itu, sebuah pesawat tempur tampak jatuh dengan bebas dari ketinggian. Tak tampak ada manuver apapun dan pesawat tampak terjun bebas.

Tim Panitia Penyidik Kecelakaan Pesawat Terbang (PPKPT), kata Dwi, telah dikirim ke Yogyakarta untuk mengumpulkan barang bukti dari lokasi kecelakaan, yakni di sekitar Bandara Adisucipto. Pesawat itu jatuh di hari terakhir airshow Gebyar Dirgantara. "Sehingga tidak ada spekulasi-spekulasi yang salah," tambah Dwi.

Investigasi yang akan dimulai hari ini, PPKPT menggandeng pihak dari Korea Selatan karena pesawat itu memang buatan pabrikan dari Negeri Gingseng. Dengan demikian, Dwi berharap, penyebab kecelakaan pesawat bisa diketahui lebih jelas.  (ita)

Baca Juga

(im/dr)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section