1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Tarakan Gempa 6,1 SR, Warga Panik Karena Isu Tsunami

Sebanyak 7 rumah rusak akibat gempa tersebut.

By Dwifantya Aquina 21 Desember 2015 10:55
Gempa Tarakan (BMKG)

Money.id - Gempa 6,1 skala richter yang mengguncang Tarakan, Kalimatan Utara, Senin 21 Desember 2015, pukul 02.47 Wita. Guncangan yang cukup kuat ini membuat warga panik dan lari berhamburan keluar dari kediaman masing-masing.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data sementara bahwa terdapat tujuh rumah rusak akibat bencana itu.

"Dampak gempa yang terasa di Tarakan mengakibatkan kepanikan warga pinggir pantai, karena khawatir akan ada tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo mengatakan, warga yang khawatir tsunami berduyun-duyun memenuhi Gunung Slumit, Jalan KH Agus Salim, dan berkumpul di halaman masjid dan tempat-tempat yang dianggap aman.

"Untuk data sementara kerugian materil 7 unit rumah," jelasnya.

Menurut Sutopo, dua rumah yang rusak berada di RT 18 Kelurahan Selumit Pantai, Kecamatan Tarakan Tengah, yaitu milik Baharuddin yang tiang rumah tertanam rata dengan tanah, dan rumah milik Syahrudin Kabosi.

Ia melanjutkan, di RT 05 Kelurahan Juata Kerikil terdapat 4 rumah yang rusak dan mengalami longsor bagian dapur yaitu milik Agus, Sukidi, Supriyadi, dan Nurdin. Di RT 01 Kelurahan Juata Laut, satu rumah yang sementara dibangun milik Mujirin ambruk.

"Untuk korban jiwa nihil. BPBD masih melakukan pendataan," kata Sutopo.

Sebelum gempa terjadi, ada sekitar tiga kali guncangan kecil, setelah itu gempa utama yang keras pukul 02.47 WITA.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa yang terjadi di Tarakan berkekuatan 6,1 skala richter. Titik gempa berada di 29 Km Timur Laut, Kota Tarakan, dengan kedalaman 10 Km.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section