1. HOME
  2. NEWS
BANDUNG

Situ Lembang, Pesona Danau Tua di Tengah Hutan Pinus

Situ Lembang Bandung sendiri memiliki sumber mata air yang berasal dari hulu sungai Cimahi serta dari hulu air Gunung Burangrang.

By Rohimat Nurbaya 21 Agustus 2016 12:14

Money.id - Bandung menyajikan keindahan alam yang memukau. Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi para pelancong adalah Lembang. Memang, di kawasan tersebut banyak tempat wisata alam yang masih sangat asri dan nyaman untuk berhenti sejenak dari hiruk pikuk kota.

Suguhan keajaiban bumi parahyangan yang sangat memukau dan eksotis di kawasan dataran tinggi ini seolah menjadi magnet dan daya tarik bagi setiap orang untuk menikmatinya, termasuk salah satunya Situ Lembang Bandung.

Situ Lembang merupakan sebuah danau buatan yang dibangun zaman kolonial Belanda, sekitar awal abad ke-20, tepatnya pada 1912. Situ Lembang awalnya merupakan sebuah kaldera atau cekungan yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda sekitar dua atau tiga juta tahun yang lalu.

Kawasan danau yang berada tepat di antara dua kaki pegunungan yang sangat indah, yaitu Gunung Tangkuban Perahu yang legendaris serta kaki Gunung Burangrang yang terkenal juga dengan tempat wisata alamnya seperti Dusun Bambu Lembang.

Situ Lembang merupakan tempat wisata yang sangat spesial, karena selain letaknya berada di atas dataran tinggi yang berhawa sangat dingin yaitu 1.570 mdpl, tentunya juga menawarkan keindahan alam khas lembang Bandung yang sangat luar biasa indahnya dan populer bagi setiap pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke sini.

Situ Lembang Bandung memiliki sumber mata air yang berasal dari hulu sungai Cimahi serta dari hulu cai Gunung Burangrang. Kawasan danau buatan ini ternyata juga sebagai salah satu penampungan air terbesar di Bandung.

Airnya dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandung sebagai salah satu sumber bahan baku air bersih yang selama ini digunakan untuk mensuplai keperluan air bersih masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Selain menawarkan wisata air berupa danau atau situ yang airnya sangat bersih, jernih dan indah, di Situ Lembang juga setiap pengunjung atau wisatawan yang datang akan disuguhi pohon-pohon pinus yang besar dan berusia tua, sehingga akan menambah keeksotisan serta kesejukan kawasan wisata lembang ini.

Untuk menuju ke sini kalian bisa melewati dua akses jalan dari Cihideung atau dari Cimahi. Menuju tempat wisata ini pengunjung dapat melalui dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jalan bebatuan.

Meski menuju tempat ini cukup sulit dengan akses jalan berbatu, namun semua itu akan terbayar ketika Anda telah sampai di tempat wisata ini. (poy)

(Berbagai Sumber)

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section