1. HOME
  2. NEWS
PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA

2020, PLN Masuk ke Pulang Enggano Bengkulu

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar yang secara administrasi terletak di Kabupaten Bengkulu Utara.

By Rohimat Nurbaya 19 Agustus 2016 17:08
Ilustrasi meteran PLN (Merdeka.com)

Money.id - Pemerintah fokus untuk pembangunan Pulau Enggano. Pulau tersebut merupakan satu dari 91 pulau-pulau kecil terluar yang berpenduduk di Indonesia, yang secara administrasi terletak di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Enggano sebagai pulau kecil yang berada di beranda Nusantara, kondisinya relatif sama dengan pulau-pulau kecil terluar lainnya di negeri ini, butuh penanganan secara terpadu dan menyeluruh, salah satunya adalah penerangan. Guna mengatasi permasalahan penerangan tersebut, PT PLN (Persero) sebagai perusahaan listrik negara saat ini telah hadir di Pulau Enggano

"Pada 2020 listrik di Enggano terang benderang, tidak ada mati-mati lagi,” kata Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti dikutip dari laman Setkab RI.

Menanggapi hal tersebut Manager Area PT PLN (Persero) Bengkulu Paris El Hakim mengatakan, saat ini PT PLN (Persero) telah menyiapkan 3 PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) untuk Enggano yaitu 1 unit pembangkit berukuran 50 KW dan 2 unit pembangkit berukuran 100 KW.

Paris El Hakim juga menjelaskan, bahwa PLN hadir langsung pasang jaringan di Pulau Enggano. "Harapan kami masyarakat berbondong-bondong untuk segera mendaftar sebagai pelanggan PLN," tutur dia.

PT PLN (Persero) menargetkan pemasangan instalansi sebanyak 250 kepala keluarga bagi masyarakat Enggano. Untuk tahap awal PT PLN (Persero) telah memasang jaringan listrik di Ibukota Kecamatan Enggano, yaitu di Desa Apoho sebanyak 53 pelanggan yang nantinya masih akan bertambah lagi.

PT PLN (Persero) melalui program CSR telah memasang instalasi listrik secara cuma-cuma kepada 10 pelanggan khusus yang melayani masyarakat. Salah satunya, Kantor Kecamatan Enggano yang sekaligus pada 17 Agustus 2016 selepas Upacara Bendera diresmikan oleh Gubernur Bengkulu.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section