1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Jadi Finalis World Smart City, Bandung Bersaing dengan Dubai

Bandung terpilih jadi finalis karena memiliki program kota cerdas.

By Rohimat Nurbaya 19 November 2015 12:39
Gedung Merdeka Bandung (Foto: Facebook/Ridwan Kamil/Sasan Photography)

Money.id - Kota Bandung terpilih jadi finalis 'World Smart City Awards 2015'. Kota terkenal dengan julukan Tanah Priangan itu akan bersaing dengan lima kota lainnya di dunia.

Lima kota itu adalah Buenos Aires (Argentina), Curitiba (Brazil), Dubai (Uni Emirat Arab), Moscow (Rusia), dan Peterborough (Inggris).

Dikutip dari laman resmi smartcityexpo, enam kota tersebut berkompetisi memperebutkan penghargaan dalam hal inovasi, strategi kolaborasi berkelanjutan, dan dampak kebijakan yang dibuat untuk kota. Pemilihan dilakukan pada 17-19 November 2015.

Bandung terpilih jadi finalis karena memiliki program kota cerdas. Program tersebut menghubungkan warga lokal melalui penyelenggaraan tata pemerintahan partisipatif guna mendorong dinamika cerdas perkotaan.

Ruang kontrol Bandung Kota Cerdas (Foto: Twitter/Ridwan Kamil)

Buenos Aires di Argentina berhasil jadi finalis karena memiliki kesadaran terhadap situasi banjir. Kota tersebut punya data real time untuk mengontrol datangnya banjir. 

Curitiba, memiliki program transformasi sanitasi air melalui depolusi hidrik, sehingga bisa meningkatkan kualitas air sungai. Hal tersebut jadi pertimbangan kota itu masuk dalam deretan finalis.

Foto: smartcityexpo

Dubai terpilih jadi finalis karena memiliki pendekatan komprehensif pada warganya untuk mendatangkan kebahagiaan. 

Moskow memiliki program sistem solusi kota. Tetapi dalam website smartcityexpo tidak dijelaskan apa sitem tersebut.

Modal Peterborough jadi finalis 'World Smart City Awards 2015' adalah program berupa laboratorium hidup perkotaan cerdas.

Lantas siapa yang akan jadi juara? (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section