1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Pesan Berantai Indonesia Dilanda Gelombang Panas Bikin Heboh

Fenomena Equinox kabarnya dapat menyebabkan suhu melonjak hingga 40 derajat celcius.

By Adhi 18 Maret 2016 19:47
Ilustrasi (triptrus.com)

Money.id - Para pengguna aplikasi pesan instan (chatting) WhatsApp dan BBM dibuat heboh setelah beredar pesan berantai (broadcast) yang menyebutkan bahwa Indonesia akan dilanda gelombang panas pada Minggu 20 Maret 2016 mendatang.

Dalam pesan tersebut dijelaskan bahwa fenomena Equinox akan melanda Singapura, Malaysia dan Indonesia selama beberapa hari ke depan. Fenomena Equinox ini kabarnya dapat menyebabkan suhu melonjak hingga 40 derajat celcius.

"Pada Minggu 20 Maret 2016, tolong untuk tinggal di dalam rumah dari jam 12.00-15.00. Suhu akan berfluktuasi sampai 40 derajat Celcius. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan heat stroke," tulis pesan tersebut.

Malahan, disarankan pula memasang lilin di luar rumah untuk mendeteksi tingkat panas apakah sampai membuatnya meleleh.

Apakah benar fenomena Equinox sebegitu bahayanya?

Menanggapi isu yang beredar di masyarakat, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menerangkan bahwa Equinox adalah fenomena di mana matahari berada tepat di khatulistiwa. Dengan begini, posisi matahari berada tepat di atas kepala orang-orang yang tinggal di lintasan garis kathulistiwa, termasuk Indonesia.

Namun begitu, Thomas menegaskan bahwa dampak Equinox yang dipaparkan dalam pesan berantai tersebut terlalu berlebihan.

(Fase fenomena Equinox/wtop.com)

"Tidak perlu khawatir karena matahari melintas itu hal yang biasa. Equinox fenomena normal, terjadi setahun dua kali. Tidak ada perubahan cuaca yang terlampau ekstrem," katanya dalam pesan teks yang diterima awak media, Jumat 18 Maret 2016.

Kabar fenomena Equinox ini pertama kali diungkapkan oleh NEA (Badan Lingkungan Hidup Singapura). Menurut hasil penelitian mereka, peningkatan suhu secara ekstrem akan terjadi di negara Malaysia, Singapura, dan Indonesia dalam lima hari ke depan.

Sebagaimana dikutip dari laman Strait Times, Equinox umumnya meningkatkan suhu hingga 2 derajat celcius di wilayah yang terkena dampak.

Jika kini di Indonesia (Jakarta) suhu normal berada di kisaran 27-28 derajat celcius, maka pada Equinox nanti suhu akan menjadi sekitar 30 derajat celcius, yang mana masih terhitung normal. (ita)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section