1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Yuk, Ikutan Mudik Motor Gratis dari Kemenhub

Tahun ini Kementrian Perhubungan menambah kuota angkutan motor gratis dengan Kereta Api menjadi 15.834 motor.

By Dian Rosalina 17 Maret 2016 07:02
Mudik Stasiun Senen tahun 2015 lalu (Merdeka.com/imam buhori)

Money.id - Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Direktorat Jendral Perkeretaapian kembali menyelenggarakan angkutan mudik motor gratis untuk angkutan lebaran 2016 ini.

Humas Ditjen KA, Joice Hutagalung yang dihubungi oleh Money.id pun membenarkan informasi tersebut.

"Sebelumnya kami memang sudah menyelenggarakan angkutan motor untuk jalur darat menggunakan kereta. Intinya program ini diselenggarakan agar lebaran nanti bisa mengurangi kemacetan," ujar Joice, Kamis 16 Maret 2016.

Penyelenggaran angkutan mudik motor gratis ini adalah yang keempat kalinya dilakukan. Pada tahun ini, akan ditingkatkan kuotanya sebesar 59 persen dibandingkan tahun lalu.

"Pada tahun 2015 lalu kuota subsidi angkutan mudik motor gratis sebesar 9.900 motor, sedangkan pada tahun ini jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 15.834 motor,” jelas Direktur Jenderal Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko dalam siaran pers Senin, 14 Maret 2016.

Seluruh keberangkatan dilakukan di stasiun Jakarta Gudang dengan stamformasi terdiri atas satu lokomotif dan tujuh kereta bagasi, sehingga masing-masing lintas mampu mengangkut 406 motor.

Mudik gratis motor tahun ini, menawarkan tiga stasiun tujuan melalui tiga lintasan yaitu lintas utara, lintas selatan satu, dan lintas selatan dua. Dengan jenis kereta api seperti Kertajaya, Kertajaya Utara, Bengawan, Brantas, Kutajaya, dan Komersil Tambahan Lebaran.

1. Lintas Utara

Kereta api akan berhenti di stasiun Cirebon Prujakan, stasiun Tegal, stasiun Pekalongan, stasiun Semarang Tawang, stasiun Ngrombo, stasiun Cepu, stasiun Bojonegoro, stasiun Babat, dan berakhir di stasiun Surabaya Pasarturi.

2. Lintas Selatan 1

Kereta api akan berhenti di stasiun Purwokerto, stasiun Kroya, stasiun Gombong, stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di stasiun Kutoarjo.

3. Lintas Selatan 2

Kereta api akan berhenti di stasiun Lempuyangan, stasiun Klaten, stasiun Solojebres, stasiun Madiun, stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.

Syarat dan Ketentuan

Pendaftaran sudah dapat dilakukan di stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Gudang sejak 8 Maret 2016 sampai dengan 6 Juni 2016. Hermanto menambahkan bahwa angkutan gratis ini memang diperuntukan untuk masyarakat yang memiliki tiket kereta api jenis tertentu.

"Mudik motor gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki tiket keberangkatan mudik dan kepulangan balik ke lokasi yang sama dengan tiket," ujarnya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda ingin mendapatkan angkutan motor gratis ini.

1. STNK, SIM dan KTP asli beserta masing-masing 3(tiga) lembar fotocopy dari dokumen tersebut.

2. Kondisi motor yang digunakan pada penyelenggaran mudik gratis tersebut tidak boleh ada modifikasi atau pun aksesoris tambahan.

3. Kaca spion motor wajib dilepas oleh pemudik, dan harus ada penyangga atau standar dua.

4. Dilengkapi dengan pegangan belakang serta untuk keamanan dalman pengangkutan kondisi tangki bensin harus kosong.

Bagi Anda calon penumpang, bisa melakukan pendaftaran mulai dari 8 Maret 2016 sampai dengan 6 Mei 2016, jika persediaan masih ada dengan maksimal pembelian tiket untuk tiga orang penumpang.

Namun jika Anda kurang beruntung mendapatkan angkutan motor gratis tersebut sebelum tanggal terakhir yaitu 6 Mei 2016, Ditjen KA tidak akan menambah kuota lebih banyak lagi.

"Kalau sudah habis, kami tidak akan menambah kuota lagi. Jadi harus dulu-duluan, siapa cepat dia dapat," tambah Joice. (dwq)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section