1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Negara Terbahagia di Dunia 2016, Indonesia Nomor Berapa?

Apakah Anda bahagia tinggal di Indonesia?

By Ita Malau 18 Maret 2016 06:44
Ilustrasi warga yang bahagia (Pixabay.com)

Money.id - Denmark menduduki peringkat paling atas list negara paling bahagia di dunia, menurut sebuah survei yang dilakukan World Happiness Report. Posisi paling bontot diduduki Burundi.

Dikutip dari laman BBC, 16 Maret 2016, dalam survei mereka yang keempat itu, World Happiness Report menemukan bahwa warga yang tinggal di negara-negara dengan minim ketimpangan, cenderung lebih bahagia.

Penelitian ini dilakukan dengan menyurvei 1.000 orang di setiap negara setiap tahun--selama tiga tahun. Para responden diminta mengevaluasi hidup mereka dalam skala nol hingga 10. 

Para peneliti juga menggunakan enam kategori dalam survei ini, yaitu produk domestik bruto (PDB) per kapita, dukungan sosial, ekspektasi hidup yang sehat, kebebasan individu, kemampuan beramal, dan persepsi korupsi.

Lalu, Indonesia ada di urutan nomor berapa?

Berdasarkan list ini, Indonesia berada di urutan 79. Sebagai sesama negara Asia dengan penduduk banyak, peringkat Indonesia lebih baik jika dibandingkan dengan China yang berada di urutan 83 dan India di urutan 118.

Posisi kedua hingga kelima diduduki negara Swiss, Islandia, Norwegia, dan Finlandia. Tahun lalu, Swiss berada di posisi puncak. Kelima negara ini dinilai memiliki sistem keamanan sosial yang kuat.

Posisi 5 hingga 10 adalah Kanada, Belanda, Selandia Baru, Australia, dan Swedia. Sementara, negara adidaya Amerika Serikat berada di peringkat 13 dan Inggris di posisi 23.

Berada di urutan paling akhir, Burundi masih berkutat dengan persoalan kekerasan dan pergolakan politik. Kondisi negara ini bahkan dinilai lebih buruk dari Suriah, yang dilanda perang saudara dan menewaskan lebih dari 250.000 orang selama lima tahun terakhir.

Survei ini menemukan bahwa Suriah masih memiliki harapan hidup lebih baik dibanding warga di Burundi. Lima negara yang berada di urutan paling bawah adalah Rwanda (152), Benin (153),Afganistan (154), Togo (155), Suriah (156), dan Burundi (157).

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section