1. HOME
    2. NEWS
TRAVEL

Ini Warisan Dunia Terbaru yang Masuk Daftar UNESCO

Berikut daftar Situs Warisan Dunia 2016 yang baru dicanangkan oleh UNESCO.

By Azalia Amadea 14 Agustus 2016 08:15
Mistaken Point, Kanada (cnn.com)

Money.id - The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mencanangkan 21 tempat yang tersebar di beberapa negara sebagai situs warisan dunia terbaru. Pengumuman tersebut dikeluarkan di tengah perhelatan 40th Session of the Committee yang digelar di Istanbul, Turki, pada 10-20 Juli 2016.

Dalam menetapkan suatu tempat sebagai Situs Warisan Dunia, UNESCO memiliki kriteria tersendiri. Beberapa kriteria tersebut di antaranya adanya kesaksian atau kisah menarik dan unik dari peradaban masa lampau dan tentunya keindahan alam yang memukau.

Dilansir laman CNN, Minggu 14 Agustus 2016, berikut ini daftar Situs Warisan Dunia 2016 yang baru dicanangkan oleh UNESCO.

1. Antigua Naval Dockyard (Antigua dan Barbuda)

Situs yang berada di Pulau Antigua, Negara Antigua dan Barbuda, ini merupakan 'hasil karya' tenaga kerja Afrika yang diperbudak untuk membantu Angkatan Laut Inggris sejak akhir abad ke-18.

Pada waktu itu, tempat ini dibuat untuk melindungi kepentingan pengusaha tebu saat Eropa bersaing untuk memperebutkan Timur Karibia.

2. Pampulha Modern Ensemble (Brasil)

Dirancang oleh arsitek Oscar Niemeyer yang berkolaborasi dengan seniman lainnya, Pampulha Modern Ensemble adalah proyek taman kota modern yang dibangun tahun 1940 di Belo Horizonte, ibukota negara bagian Minas Gerais.

Ini bukan taman kota biasa. Di dalamnya dilengkapi dengan danau buatan, pusat budaya, dan tempat rekreasi. Seperti kasino, taman golf, gereja dan pelabuhan kapal pesiar.

3. Mistaken Point (Kanada)

Terletak di ujung tenggara Newfoundland, Kanada, situs ini merupakan tebing yang penuh peninggalan sejarah berupa fosil berusia lebih dari 500 juta tahun. Tebing ini diketahui memiliki koleksi fosil terbesar dan tertua di dunia.

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section