1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tips Menjaga Kesehatan Mata Setelah Seharian di Depan Layar Komputer

Berikut tips pintar menggunakan komputer atau laptop agar kesehatan mata tetap terjaga.

By Azalia Amadea 11 Agustus 2016 17:30
Ilustrasi bekerja depan komputer (posbrand.com)

Money.id - Di era digital seperti ini segala sesuatu yang dibutuhkan dapat dicari melalui komputer, laptop atau smartphone. Setiap harinya mata hampir tidak lepas dari layar gadget.

Padahal hal tersebut juga tidak baik bagi kesehatan mata. Melansir laman dokterku.co.id Kamis 11 Agustus 2016, berikut tips pintar menggunakan komputer atau laptop agar kesehatan mata tetap terjaga.

1. Bekerjalah ditempat yang cukup terang

Jika Anda bekerja menggunakan komputer atau laptop pastikan jika tempat kerja memiliki penerangan yang cukup. Penerangan yang cukup dimaksud adalah ruangan yang tidak terlalu gelap namun juga tidak terlalu terang hingga tidak menyilaukan mata.

2. Atur posisi monitor dengan baik

Letakan layar komputer atau laptop senyaman mungkin, usahakan ketika meletakannya membentuk sudut 10-15 derajat dari posisi yang sejajar dengan pandangan. Tujuannya agar bahu serta leher tidak mudah pegal saat bekerja.

3. Gunakan kacamata atau lensa kontak

Jika pekerjaan Anda mengharuskan bekerja di depan komputer seharian maka, usahakan untuk menggunakan kacamata. Tujuannya agar pengelihatan mata nampak lebih optimal.

4. Gunakan filter komputer

Filter glass komputer dapat membantu mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh monitor saat bekerja dengan komputer. Jika Anda tidak memilikinya maka cobalah atur cahaya komputer agar mata tidak sakit.

5. usahakan istirahat sejenak

Mengistirahatkan mata Anda dari pandangan komputer dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, istirahat juga dapat membuat badan terasa rileks sehingga dapat menyerap energi baru untuk melanjutkan pekerjaan. Anda cukup beristirahat selama 30-60 menit. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section