1. HOME
  2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Dede, Si Pencipta Kompor Bahan Bakar Air Sempat Dilarang Jadi Pebisnis

Dede sempat gagal merintis bisnis cilok dan akhirnya membuat kompor bahan bakar air.

By Rohimat Nurbaya 13 Mei 2016 18:11
CEO CV Energon, Dede Miftahul Anwar (Facebook)

Money.id - Perjuangan Dede Miftahul Anwar (22) menjadi pebisnis tidak mudah. Memang kini prestasi pemuda asal Subang, Jawa Barat itu patut diperhitungkan, dia mampu mendirikan perusahaan dengan nama CV Energon yang memproduksi kompor bahan bakar air.

Dede mengaku untuk menuju sampai sana tidak mudah, berbagai halangan dan rintangan harus dihadapinya. Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu mengaku awalnya tidak didukung orangtua, pasalnya mereka menginginkan anaknya fokus kuliah dulu hingga lulus jadi sarjana.

"Saat ini orangtua sudah mendukung, tapi awal sempat dilarang berjualan karena hawatir kuliah tidak fokus," ucap Dede kepada Money.id, Jumat 13 Mei 2016.

Dede mengaku, alasan orangtuanya itu bukan tanpa sebab, pasalnya sebelum membuat kompor bahan bakar air tersebut dia pernah menjalankan beberapa usaha namun gagal. Orangtua Dede tidak ingin hal serupa menimpa anaknya.

"Soalnya dulu saya pernah jualan cilok (makanan khas Jawa Barat), ngajar privat, sampai bisnis MLM dan akhirnya semuanya tidak menguntungkan. malah kuliah saya yang terabaikan," kenangnya.

Namun berkat ketekunan dan tekad yang bulat akhirnya Dede bisa meyakinkan kedua orangtuanya bahwa jalan yang ditempuhnya itu bisa merubah keadaan keluarga dan seluruh warga di Kampung Kerajan, Desa Cihambulu, Kabupaten Pabuaran, Subang, Jawa barat.

"Desa Cihambulu merupakan desa yang sulit dilalui kendaraan besar, jalannya berlubang, sempit dan panas," tutur dia.

Menurut Dede, apabila dia ingin keluar dari kampung itu harus melalui jembatan bambu setapak. "Jembatan itu dikenal dengan nama Jembatan Mak Uwok," ujarnya.

Dia menjelaskan, sungai yang dilintasi jembatan Mak Uwok tersebut cukup lebar dan arusnya sangat deras. Kata dia, pastinya kendaraan besar tidak bisa melewati jembatan tersebut, hanya bisa dilewati pejalan kaki dan sepeda motor saja.

BACA JUGA

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section