1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Cerita Alfian Dipolisikan Kolega Saat Rintis Bisnis Web Hosting

Tiba-tiba rekannya menunjukkan surat laporan dari Polda Metro Jaya, lalu...

By Rohimat Nurbaya 13 Mei 2016 09:08
CEO IdCloudHost, Alfian Pamungkas Sakawiguna (Facebook)

Money.id - Merintis sebuah bisnis perlu perjuangan keras sebelum meraih sukses. Banyak halangan dan rintangan harus dihadapi untuk menyandang kata 'pebisnis sukses'. Tak jarang harus berurusan dengan hal yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IdCloudHost menceritakan pengalaman perihnya perjuangan meniti bisnis di bidang web hosting yang sedang dia geluti saat ini. Saat merintis IdCloudHost dia dipolisikan koleganya.

"Kejadian menyudutkan saya itu ketika saya dengan IdCloudHost," kata Alfian kepada Money.id.

Sebelum mendirikan IdCloudHost, Alfian mengaku sempat mendirikan starup web hosting, perusahaannya hampir serupa dengan IdCloudHost. Kemudian mengajak beberapa orang yang dia anggap mampu bekerjasama.

Namun setelah lebih dari tiga tahun berjalan, Alfian memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut dan memilih membuka perusahaan baru. Dia tidak menjelaskan secara detail apa sebabnya.

"Ketika saya memutuskan untuk keluar, saya dianggap sebagai orang yang labil dan tidak pakai mikir dalam mengambil keputusan," ujar dia.

Alfian bersama rekannya (Instagram)

Sebenarnya menurut Alfian, saat keluar dari perusahaan lama dia tidak berniat sama sekali membuat perusahaan web hosting baru dan membuat tandingan. Namun, dia tiba-tiba mendapatkan pesan dari seorang clien web hosting perusahaan lamanya tersebut.

"Isinya seperti ini 'Mas Alfian kalau customer mas kenapa-kenapa setelah mas Alfian pindah bagimana? bukannya tujuan mas alfi membangun startup ini untuk memudahkan orang lain dan membuat client nyaman?" ucap dia.

Kata dia, yang mengirimkan pesan serupa tidak hanya satu orang saja, sehingga menjadikan Alfian terdorong membuat hal yang baru. Beberapa minggu setelah mendapatkan pesan tersebut kemudian Alfian mulai membangun startup baru.

"Setelah setup billing area, lalu saya ingat bahwa saya masih mempunyai database startup lama. Memang tidak ada aturan saya tidak boleh menggunakan database perusaahaan kan," jelasnya.

Ketika membangun IdCloudHost, dia menggunakan database startup lama tersebut untuk kemudahan dan mempercepat setup dan melakukan penghapusan service client. Tujuannya untuk mengosongkan isinya.

"Ternyata APInya masih nyantol dengan server startup lama, alhasil ternyata saya menghapus VPS juga. Saya tidak sadar sama sekali, karena tidak ada notice penghapusan," katanya.

NEXT>> Alfian dipolisikan

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section