1. HOME
  2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Kisah Sedih di Balik Topeng 'Superhero' Jakarta

Yudi berkeliling Jakarta demi memasarkan kostum superhero yang dibuatnya.

By Rohimat Nurbaya 11 Mei 2016 12:10
Yudi 'Superhero' Jakarta (Facebook/BBC)

Money.id - Seorang warga Jakarta bernama Yudi menjajakan kostum superhero di jalanan Ibu Kota. Setiap akhir pekan dia berkeliling menembus kemacetan Jakarta untuk mempromosikan kostum buatannya.

Apa yang dilakukan Yudi tentunya menarik perhatian banyak orang. Namun di balik topeng jagoan itu, pria yang kini tinggal di Tegal Parang, Mampang, Jakarta Selatan itu harus berusaha menahan perih karena harus merasakan sulitnya mencari nafkah untuk menghidupi keluarga.

Dikutip dari BBC, Yudi mengaku mulai membuat kostum superhero dari bahan daur ulang, setelah tiga tahun berupaya mencari pekerjaan, namun keberuntungan tidak kunjung menghampiri.

Karena kesulitan ekonomi itulah, Yudi harus mengendarai motor di Jakarta, dengan memakai kostum tokoh superhero War Machine. Dia bercerita pernah menangis di balik topeng saat orang-orang yang melihatnya berteriak 'robot-robot' karena memakai kostum.

"Orang-orang tidak tahu, saya melakukan ini untuk mencari duit," kata Yudi.

Yudi Superhero Jakarta (BBC)

Yudi menuturkan, kostum War Machine yang dikenakannya terbuat dari eva foam atau bahan busa yang biasa dipakai untuk lapisan sandal atau karpet.

Bagi Yudi, membuat kostum superhero merupakan ajang menyalurkan minat dan keahliannya setelah sempat bekerja menjadi penata dekorasi di sebuah televisi swasta di Jakarta.

Namun saat asyik bekerja, pada 2014 Yudi harus kehilangan pekerjaannya. Kemudian dia mulai memilih membuat kostum superhero.

"Saya malu sebenarnya, dengan kondisi saya sekarang. Saya akan bangkit lagi sebagai kepala rumah tangga yang bisa menafkahi anak dan istri," ucap Yudi.

Sebenarnya, bisnis penyewaan kostum superhero di Indonesia saat ini sudah menjadi tren. Banyak perusahaan yang menyewakan kostum superhero melalui situs penjualan online, bahkan ada yang memiliki website sendiri.

Dua perusahaan penyewaan kostum atau cosplay terbesar di Indonesia adalah Center Indonesia di Malang dan Gonzo di Jakarta. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section