1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ekstrak Teh Hijau Bisa Basmi Jerawat?

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di Complementary Therapies in Medicine.

By Rohimat Nurbaya 30 Mei 2016 10:05
Ilustrasi Jerawat (www.dermcheckapp.com)

Money.id - Jerawat merupakan masalah umum dan merepotkan bagi siapa saja. Sebagian orang berpikir bahwa jerawat akan hilang dengan sendirinya setelah melewati masa remaja.

Namun, kasusnya tidak selalu seperti itu. Karena masalah jerawat juga bisa jadi hal yang menjengkelkan bagi orang dewasa. Untungnya ada kabar bagus untuk mengusir jerawat ini.

Seperti dikutip dari her.ie, sebuah artikel di Women's Health menyebutkan sebuah penelitian baru mengklaim bahwa teh hijau mungkin menjadi kunci untuk menghilangkan jerawat pada orang dewasa.

Dalam penelitian tersebut, wanita berusia antara 25 sampai 45 tahun, yang memiliki jerawat sedang atau berat, dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama mengkonsumsi kapsul berisi 500 mg ekstrak teh hijau. Sementara kelompok kedua minum plasebo (kapsul yang tidak mengandung zat obat aktif). Mereka minum kapsul-kapsul tersebut sebanyak tiga kali sehari selama empat minggu.

Pada akhir bulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat jerawat, terutama dari jenis 'lesi inflamasi', berkurang jauh bagi kelompok yang minum kapsul berisi ekstrak teh hijau.

Kenapa begitu? Salah satu kemungkinan alasannya adalah teh hijau mengandung zat antiperadangan yang disebut epigallocatehin gallate atau EGCG.

Karena jerawat sering disebabkan oleh peradangan, lotion dan krim yang dibuat dari ekstrak yang kaya antioksidan dapat membantu mencegah dan mengobati jerawat ringan. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen teh hijau bisa membuat perbedaan yang signifikan.

Jadi, minum satu atau dua cangkir teh hijau sepertinya bukan masalah besar jika tujuannya mendapatkan kulit yang bebas jerawat. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di Complementary Therapies in Medicine.

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section