1. HOME
    2. FRESH
FRESH

Catat! Ini Asupan Terbaik Sebelum dan Sesudah Olahraga

Pilihlah makanan yang rendak lemak dan gula sebelum olahraga.

By Rizki Astuti 23 Mei 2016 08:08
Makanan Sehat (Simplehealtykitchen.com)

Money.id - Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun makan sebelum dan sesudah olahraga juga diperlukan.

Makan sebelum dan sesudah olahraga ada aturan dan takarannya. Tidak bisa disamakan dengan makanan sehari-hari seperti makanan sarapan, makan siang, atau makan malam.

"Apa yang dianggap sehat untuk asupan setiap hari, belum tentu menjadi pilihan terbaik untuk olahraga," jelas Barbara Lewin, RD, ahli gizi olahraga yang bekerja dengan atlet profesional.

Melansir dari Time, Senin 23 Mei 2016, berikut adalah asupan terbaik sebelum dan sesudah berolahraga.

1. Kardio
Saat berolahraga aerobik, hiking, bersepeda dan sebagainya, waktu adalah kunci memilih makanan yang tepat.  Menurut Lewin, pilihlah makanan yang rendak lemak dan gula sebelum olahraga, dan konsumsi sedikit makanan berprotein tinggi dalam karbohidrat.

"Seperti smoothie yang dibuat dengan susu almond, pisang dan buah. Konsumsi 60-90 menit sebelum berolahraga. Makanan harus dicerna untuk menyediakan bahan bakar sehingga otot-otot bisa bekerja," kata Lewin.

Ahli diet di Toronto, Kanada, Abby Langer mengatakan bila kardio kurang dari satu jam, Anda tidak perlu ngemil selama sesi tersebut. Setelah berolahraga, tubuh punya waktu 20-30 menit agar otot-otot bisa menyerap nutrisi secara efisien. Selama ini tubuh perlu diisi agar tubuh bisa mempertahankan pasokan energi.

2. Latihan Kekuatan
Makan makanan yang seimbang dengan karbohidrat dan protein satu atau dua jam sebelum angkat berat. Selain itu selalu sediakan air yang cukup selama latihan.

Ahli gizi olahraga untuk Atlanta Hawks, Marie Spano mengatakan karbohidrat dapat membantu mencegah kerusakan otot dan kelelahan, sementara protein membantu mengatur pertumbuhan dan perbaikan.

Sediakan air untuk sesi latihan di bawah satu jam, tapi pilih minuman penambah energi jika latihan beban lebih lama. "Karbohidrat dalam minuman tersebut akan memberikan energi ekstra," jelas Spano.

Setelah latihan beban, otot akan tegang dan mengalami kelelahan. Hal itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi asam amino yang ada pada protein. Karena itu, minum shake berbahan protein susu yang dicampur almond yang mengandung 20-25 protein dalam satu jam.

SELANJUTNYA>>> Jus Cherry Berkhasiat Untuk Olahraga Lari

Baca Juga

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section