1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Seberapa Bahaya Kista bagi Wanita? Kenali Jenis-jenisnya di Sini

Seorang wanita bisa memiliki kista pada indung telur (ovarium) kapan pun di sepanjang hidupnya.

By Desy Afrianti 25 Mei 2016 09:42
Ilustrasi kanker/Pixabay

Money.id - Seorang wanita bisa memiliki kista pada indung telur (ovarium) kapan pun di sepanjang hidupnya, bahkan sejak masih berada di dalam kandungan ibunya. Ada tiga macam kista yang dapat terbentuk di dalam ovarium, yaitu Kista Fisiologis, Kista Non Kanker dan Kanker Ovarium.

Kenali jenis-jenis kista itu lewat penjelasan berikut.

Kista Fisiologis

Kista fisiologis merupakan salah satu jenis kista yang paling sering ditemukan. Kista ini merupakan hal yang normal ditemukan karena kadar hormonal yang cukup fluktuatif di dalam tubuh wanita.

Kista fisiologis biasanya tidak membutuhkan pengobatan karena mereka biasanya akan menghilang dengan sendirinya dan tidak memiliki risiko apapun.

Kista Non Kanker

Tingginya kadar hormon di dalam tubuh wanita saat hamil dapat membuat bayi perempuan yang dikandungnya memiliki kista ovarium bahkan sebelum ia dilahirkan.

Sebagian besar kista ovarium yang terbentuk di dalam janin akan menghilang sebelum bayi lahir dan sekitar 90 persen kista yang masih ada saat bayi dilahirkan akan menghilang dengan sendirinya saat bayi berusia tiga bulan.

Setiap bulan, siklus menstruasi normal akan menyebabkan terjadinya perubahan kadar hormonal di dalam tubuh seroang wanita. Pada fase folikular dari siklus menstruasi dapat terbentuk kista jinak yang berasal dari kopus luteum, kapsul pembungkus folikel yang berisi sel telur yang telah matang.

Kista jinak yang terbentuk dapat berupa kista sederhana atau kista kompleks. Kista sederhana biasanya hanya berisi cairan, sementara kista kompleks mengandung jaringan padat. Hal terpenting yang perlu Anda ingat mengenai sebagian besar kista tersebut adalah bahwa mereka tidak membutuhkan terapi pembedahan.

Waktu dan kadang obat-obatan merupakan pilihan pengobatan terbaik. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai hal ini. Jenis kista yang ketiga adalah Kanker Ovarium. Lihat pembahasan Kanker Ovarium di sini

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section