1. HOME
  2. NEWS
KESEHATAN

Kanada Bangun Rumah Sakit Masa Depan Berbasis Teknologi Canggih

Salah satu teknologi masa depan yang digunakan Halton Healthcare Service adalah sistem pencatatan informasi pasien.

By Azalia Amadea 15 Mei 2016 08:55
Rumah Sakit Oakville, Kanada (Foto: theglobeandmail.com)

Money.id - Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan masyarakat dimana pun. Peran ini didapat jika rumah sakit memiliki fasilitas kesehatan yang padat teknologi dan banyak memiliki ahli kesehatan.

Untuk mewujudkan hal itu, Oakville Trafalgar Memorial Hospital di Oakville, Ontario, Kanada membuka sebuah rumah sakit masa depan pada Desember tahun lalu. Dilansir dalam laman theglobeandmail.com Minggu 15 Mei 2016 dengan luas 15 hektare, rumah sakit bernama Halton Healthcare Service itu ukurannya tiga kali lipat dari yang lama.

Sebagai rumah sakit masa depan, Halton Healthcare Service akan melayani kebutuhan masyarakat 30 sampai 40 tahun ke depan. Untuk itu, Oakville Trafalgar Memorial terus menambahkan perangkat dan fasilitas yang berorientasi pada masa depan.

Bekerja sama dengan raksasa teknologi Cisco Systems Inc dan kontraktor EllisDon Corp, Halton Healthcare Service yang dibangun dengan dana US$2,7 miliar itu adalah rumah sakit digital pertama di Oakville dan salah satu rumah sakit baru pertama yang dibangun dalam 30 tahun terakhir.

Salah satu teknologi masa depan yang digunakan Halton Healthcare Service adalah sistem pencatatan informasi pasien yang lebih maju.

Dengan sistem pencatatan informasi masa depan, informasi pasien mampu diperbarui secara otomatis dan nirkabel, sistem paging yang berisik digantikan dengan teknologi nirkabel untuk memastikan lingkungan yang tenang untuk pasien, dan pasien sekarang bisa mendaftar secara mandiri di kios dan workstation yang dipasang di pintu masuk rumah sakit.

Semua fasilitas ini akan memiliki efek ganda dalam mempercepat proses dan pengumpulan data pasien pada waktu yang sama secara real-time.

"Termasuk ruang data tahan cuaca, yang merupakan 'jantung' rumah sakit digital. Itulah satu-satunya hal yang kami tahu pasti, bahwa akan selalu ada kebutuhan baru untuk manajemen data rumah sakit di masa depan," menurut Rick Huijbregts, Managing Director Cisco.

Kamar pasien yang berjumlah 457 buah memungkinkan pasien untuk melakukan segala sesuatunya sendiri dari tempat tidur. Dengan sebuah terminal di samping tempat tidur, pasien bisa mengakses internet dan mengoperasikan televisi. Pasien juga bisa mengontrol tinggi rendah tempat tidur dan sistem pencahayaan ruangan.

Peningkatan keamanan di rumah sakit juga menjadi perhatian utama, khususnya di ruang bersalin.

"Sebuah penanda pada bayi akan mengirimkan sinyal jika terjadi penculikan, dan setiap 10 detik lokasinya akan diupdate," kata Zoltan Szalay, manajer integrasi di EllisDon. Sistem ini diatur sehingga setiap kali penanda mendekati sensor yang dipasang di pintu, pintu otomatis mengunci dan semua alarm berbunyi.

Dengan 12 kamar operasi dan dua scanner MRI canggih, serta layanan baru seperti klinik konsultasi radiasi untuk pasien kanker, Oakville Trafalgar Memorial dibangun untuk memenuhi kebutuhan pasien masa kini dan masa depan.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section