1. HOME
  2. FRESH

Ingin Awet Muda? Hindarilah Konsumsi Makanan Ini

Tahukah Anda bahwa makanan dapat membuat seseorang tampak lebih tua?

By Desy Afrianti 26 Mei 2016 16:27
Ilustrasi donat/youtube.com

Money.id - Tahukah Anda bahwa makanan dapat membuat seseorang tampak lebih tua? Makanan yang sering Anda konsumsi juga dapat mempercepat proses penuaan. Berdasarkan penelitian, hal ini mungkin terjadi.

Makanan yang banyak mengandung lemak trans menyebabkan terjadinya proses inflamasi terus-menerus, inflamasi kronik merupakan salah satu proses penuaan sel.

Contoh lainnya adalah bila Anda memakan terlalu banyak gula dan karbohidrat (pasta, roti, dan makanan yang dipanggang) dapat menyebabkan kerusakan lapisan kolagen pada kulit-merupakan-salah satu zat yang menjaga kulit Anda tetap elastis dan mencegah kerutan.

Satu lagi sumber penyebab inflamasi, AGE (advanced glycation end products) dapat sangat mengganggu kesehatan. AGE sangat berhubungan dengan terjadinya penyakit jantung dan diabetes.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang baik untuk membantu mencegah proses penuaan. Di bawah ini terdapat beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan yang sebaiknya dikurangi.

Makanan yang harus dihindari

Gorengan

Semua jenis makanan yang digoreng dalam minyak dapat menyebabkan terjadinya proses inflamasi. Hindarilah lemak trans karena dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol "jahat") dan menurunkan kadar HDL (kolesterol "baik"). Periksalah komposisi biskuit yang Anda beli, hindari bila terdapat vegetable shortening dan partially hydrogenated oils.

Donat dan roti manis

Donat dan roti manis mengandung banyak sekali gula, yang dapat menyebabkan terjadinya inflamasi. Selain itu, donat dan roti manis juga mengandung AGE yang selain mengganggu kesehatan juga dapat mempercepat pembentukan kerutan.

Daging

Sosis, smooked beef, salami, dan daging olahan lainnya mengandung banyak lemak jenuh dan nitrat. Keduanya merupakan suatu agen penyebab inflamasi. Hal lain yang perlu dihindari adalah daging berlemak, seperti sirloin. Gantilah sirloin dengan tenderloin atau daging ayam yang mengandung lemak lebih sedikit.

Alkohol

Meminum sejumlah kecil alkohol dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Akan tetapi, konsumsi alkohol berlebihan dapat mempercepat proses penuaan. Jumlah alkohol yang kecil adalah satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria.

Nah, apa saja makanan yang harus dikonsumsi supaya awet muda? Baca daftarnya di sini

(da)

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section