1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Benarkah Minuman Beralkohol Dapat Timbulkan Jerawat?

Selain menyebabkan sakit kepala, ternyata minumal alkohol dapat...

By Nur Chandra Laksana 18 April 2016 09:37
Ilustrasi Jerawar (timesfull.com)

Money.id - Alkohol memang sudah terkenal dengan banyaknya dampak negatif yang menyerang para peminumnya. Hal-hal seperti mabuk, sakit kepala, dehidrasi, muntah-muntah adalah sebadian efek samping dari meminum alkohol.

Dilansir dari laman Boldsky Minggu 17 April 2016, ternyata alkohol memiliki efek lainnya, yakni dapat menimbulakn masalah jerawat. Tetapi, apakah benar menyebabkan terjadinya jerawat di muka para peminumnya?

Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak artikelnya di bawah ini.

 Alkohol dan ketidakseimbangan hormonal

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara alkohol dan tumbuhnya jerawat. Mereka mengatakan bahwa alkohol dapat menyebabkan hormon menjadi rusak. Ketidakseimbangan testosteron dan estrogen dalam tubuh merupakan faktor utama di balik jerawat.

Ketika hormon ini dipengaruhi karena mengonsumsi alkohol, kulit menjadi lebih rentan terhadap jerawat.

Alkohol dan sistem kekebalan

Minum alkohol dalam jumlah besar secara teratur akan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Hal ini berdampak pada kemampuan tubuh untuk melawan bakteri penyebab jerawat, yang mungkin menjadi alasan lain mengapa alkohol dikaitkan dengan jerawat.

Alkohol dan kerusakan hati (liver)

Sebagian besar orang tahu bahwa minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan liver rusak. Liver bertanggung jawab untuk mengatur hormon-hormon dalam tubuh dan menghilangkan racun.

Ketika liver menjadi lemah karena berlebihan minum alkohol, kemampuannya untuk membuang racun berkurang. Akumulasi racun dalam tubuh ini juga bisa menyebabkan jerawat tumbuh pada kulit.

Alkohol dan ragi

Alkohol mengandung kadar gula dan ragi yang tinggi. Ketika tubuh mencerna ragi atau gula dalam jumlah besar, maka akan menghasilkan akumulasi ragi dalam darah.

Hal ini dapat menyebabkan jerawat. Bir, koktail, dan lain-lain diketahui mengandung ragi dan gula dalam jumlah besar.

Alkohol dan stres

Banyak orang cenderung mengkonsumsi alkohol berlebihan ketika mereka mengalami stres atau depresi. Sekarang, stres juga dapat menyebabkan jerawat karena terjadi ketidakseimbangan hormonal.

Dalam tubuh, ketika ini dikombinasikan dengan efek negatif dari alkohol, maka menjadi masalah tambahan. Jadi, mabuk ketika stres jelas merupakan suatu ide yang buruk.

Alkohol dan Gorengan

Ketika orang minum alkohol, biasanya disertai dengan banyak makan gorengan atau makanan berminyak lainnya. Kombinasi alkohol dan makanan berminyak ini juga dapat merangsang produksi sebum berlebih di kulit sehingga menimbulkan masalah jerawat pada kulit. (poy)

 

 

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section