1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ketahui Jam yang Tepat untuk Mengonsumsi Makanan-makanan Ini

Nasi sebaiknya tidak dikonsumsi saat malam hari karena dapat menyebabkan perut kembung dan meningkatkan berat badan.

By Azalia Amadea 14 April 2016 11:15
Ilustrasi nasi (Foto: boldsky.com)

Money.id - Kesibukan terkadang mungkin membuat Anda mengabaikan jadwal makan. Jadwal makan yang berantakan ternyata berefek buruk bagi tubuh. Maka penting untuk memperhatikan jam-jam makan yang tepat agar tak berdampak buruk bagi kesehatan.

Makan sesuai jadwal dapat membantu Anda disiplin dalam mengonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Bagi Anda yang sudah menerapkan jadwal makan tepat waktu, mungkin juga fakta-fakta berikut dapat mengejutkan Anda.

Ada beberapa jenis makanan yang mungkin belum Anda ketahui--jam--tepat mengonsumsinya. Dilansir dalam laman boldsky.com Kamis 14 April 2016 berikut tujuh jenis makanan dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Susu
Faktanya susu adalah minuman sehat yang tinggi akan protein dan nustrisi lainnya yang baik untuk tulang. Para ahli mengklaim bahwa waktu meminum susu yang tepat adalah malam hari. Meminum susu di malam hari dapat memberi efek menenangkan tubuh dan memungkinkan sel untuk menyerap nutrisi lebih efektif sementara tubuh beristirahat.

Teh hijau
Teh hijau dipercaya dapat meluruhkan lemak dalam tubuh. Meski mungkin Anda sangat menggemari teh hijau bukan berarti Anda dapat meminumnya sepanjang hari. Meminum teh hijau di pagi hari tidak baik karena kandungan kafeinnya dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan zat asam.

Nasi
Nasi atau roti tawar putih sebaiknya tidak dikonsumsi saat malam hari karena makanan tersebut tinggi akan kandungan pati. Hal tersebut dapat menyebabkan perut kembung sepanjang malam. Selain itu, mengonsumsi nasi malam hari dapat menaikkan berat badan karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Kopi
Meminum secangkir kopi memang sangat nikmat, tetapi tahukah Anda bahwa meminum kopi di malam hari dapat mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, meminum kopi di malam hari dapat membuat Anda gelisah dan sulit tidur akibat kandungan kafeinnya yang tinggi.

Jus jeruk
Mungkin kebanyakan dari Anda meminum jus jeruk saat sarapan pagi. Namun ternyata waktu yang tepat meminum jus jeruk adalah siang hari karena kandungan vitamin D dan asam folatnya dapat membuat tubuh merasa berenergi sepanjang hari. Selain itu, jus jeruk juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Dark chocolate
Dark chocolate adalah jenis coklat pahit yang tinggi akan kakao dan rendah gula. Coklat pahit ini juga kaya akan antioksidan dan idealnya dimakan pada malam hari karena dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan suasana hati.

Buah-buahan
Mungkin kebanyakan dari Anda biasa memakan buah setelah makan berat. Namun ketahuilah bahwa para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah di pagi hari. Buah yang kaya akan vitamin, mineral, serat dan asam folat dapat membantu tubuh merasa segar dan semangat sepanjang hari. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section