1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Arang Putih 'Sakti' Terbaik di Dunia asal Negeri Sakura

Arang putih itu mampu untuk..

By Abdul Kharis 16 April 2016 16:36
arang putih (buymejapan.com)

Money.id - Kota Wakayama adalah daerah jarang penduduk di Kansai, Jepang. Di daerah ini terkenal dengan arang putih yang merupakan arang terbaik di dunia.

Mengutip dari bbc.com, Sabtu, 16 April 2016, arang putih memiliki nama Jepang yaitu, Kishu Binchotan. Arang ini terbuat dari pohon ekubame yang tumbuh di daerah Wakayama.

Arang putih dianggap sebagai bahan bakar terbaik di dunia untuk memasak hidangan panggang, terutama makanan Jepang seperti yakitori (sate ayam) dan unagi (belut bakar).

Koki di seluruh dunia mengakui bahwa arang putih dari Wakayama memberikan daging dan makanan laut lainnya rasa yang tidak bisa diperoleh jika menggunakan arang lain.

Seorang koki di Wakayama mengungkapkan alasan mengapa arang putih Wakayami menjadi sangat hebat dibandingkan arang lainnya.

Koki itu mengatakan, arang putih memanggang pada suhu yang lebih rendah, tidak melepaskan asap atau bau ke dalam daging. Dan yang paling luar biasa, arang ini mengeluarkan gelombang inframerah.

Salah satu kota di Wakayama yang merupakan penghasil utama arang putih adalah Minabe. Di wilayah ini memang terdapat hutan pohon ekubame yang menjadi bahan dasar pembuatan arang putih tersebut.

Popularitas arang putih tidak hanya sebagai bahan bakar terbaik untuk memanggang, namun baru-baru ini juga sebagai obat kesehatan, alat rumah tangga dan campuran pembuatan kosmetik.

Arang putih tersebut diperkirakan mampu menyerap bahan kimia berbahaya lebih baik daripada arang lainnya. Hal ini membuat peningkatan permintaan arang putih yang sulit dipenuhi.

Masalahnya, para pembuat arang hanya mengandalkan pohon ekubame asli yang jumlahnya terbatas.

Sekarang ini, arang putih telah menjadi bahan aktif dalam banyak kosmetik, shampoo dan pasta gigi. Tidak hanya itu, arang putih yang belum terbakar dimasukkan ke dalam lemari dan lemari es untuk meningkatkan kualitas udara dan menyerap bau.

Masih diragukan, arang putih juga dianggap sebagai pembangkit mood, karena diyakini bisa meningkatkan kadar serotonin di otak.

Namun seorang pembuat arang di Minabe, MitsuoOkazaki mengatakan, arang putih seharusnya dipakai sesuai tujuannya yaitu memasak.

Menurut dia, arang putih paling baik jika dipakai untuk memanggang ikan, daging sapi atau daging kambing.

Okazaki ingin generasi muda tetap mempertahankan tradisi pembuatan arang putih yang telah berusia ratusan tahun, namun dengan cara yang lebih modern. Hal ini disebabkan pembuatan arang putih yang terlalu rumit.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section