1. HOME
  2. FRESH
FRESH

8 Hal yang Harus Dihindari Paska Operasi Caesar

Berikut hal-hal yang harus dihindari wanita hamil paska operasi caesar.

By Azalia Amadea 19 April 2016 12:37
Ilustrasi wanita hamil (Foto: nutrimum.com)

Money.id - Bedah caesar adalah proses persalinan melalui pembedahan pada rahim untuk mengeluarkan bayi. Tak sedikit pantangan yang harus dilakukan wanita setelah melakukan operasi caesar.

Pantangan tersebut dilakukan untuk menjaga jahitan bekas operasi agar tidak terbuka. Pantangan tersebut juga dilakukan untuk menghindari timbulnya rasa sakit paska operasi.

Melansir dalam laman boldsky.com Selasa 19 April 2016 disarankan oleh para dokter bagi para wanita paska operasi caesar untuk banyak istirahat. Selain beristirahat, berikut hal-hal lain yang harus dihindari paska operasi caesar.

1. Hindari melakukan aktivitas berat
Paska operasi caesar wanita diharuskan untuk benar-benar beristirahat dan menghindari aktivitas fisik. Terkadang pekerjaan rumah tangga sangatlah melelahkan dan memicu kembali rasa sakit pada luka bekas operasi. Wanita tersebut juga harus menghindari mengangkat benda berat selama beberapa minggu pertama agar terhindar dari pendarahan.

2. Cukup cairan
Penting untuk para ibu paska operasi caesar untuk mencukupi kebutuhan akan cairannya. Jangan sampai tubuh terhidrasi. Dengan cukup cairan tubuh tetap berenergi dan terhindar dari sembelit. Sembelit dapat menyebabkan tekanan pada daerah bawah perut dan menyebabkan rasa sakit.

3. Hindari tangga
Berjalan menggunakan anak tangga dapat membuat tubuh cepat lelah, terutama pada wanita paska operasi caesar. Selain itu, dapat memperburuk luka dan memicu pendarahan.

4. Hindari berhubungan seks
Disarankan untuk setidaknya beberapa minggu setelah operasi caesar, seorang wanita harus menghindari terlibat dalam kegiatan seksual dengan pasangannya. Hal tersebut dapat merusak jahitan dan mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan.

5. Hindari batuk
Menjaga diri dari berbagai makanan dan minuman yang dapat memicu batuk. Batuk berlebihan berdampak langsung pada luka operasi akibat hentakan yang ditimbulkan batuk.

6. Hindari makanan pedas dan berminyak
Memilih makanan yang akan dikonsumsi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Tak terkecuali untuk wanita paska operasi caesar. Hindari makanan pedas dan berminyak yang dapat memicu masalah pada pencernaan.

7. Jangan mandi terlalu lama
Bagi wanita paska operasi caesar disarankan untuk tidak mandi beberapa hari sesudahnya. Mandi dapat menyebabkan infeksi pada luka bekas operasi. Ketika ingin mandi, cukup hanya sebentar saja jangan terlalu lama.

8. Hindari terserang demam
Bagi wanita paska operasi caesar sangat disarankan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit flu atau demam. Demam juga dapat menjadi tanda infeksi. Jika luka bedah tidak sembuh-sembuh dan tubuh menjadi demam hal tersebut dapat dikatakan terinfeksi, segeralah periksakan ke dokter.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section