1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Hilangkan Diare dengan Ramuan Rumahan Berbahan Jahe

Diare dapat diatasi dengan ramuan tradisional rumahan berbahan dasar jahe.

By Azalia Amadea 18 April 2016 13:03
Ilustrasi ramuan jahe (Foto: huffingtonpost.ca)

Money.id - Saat perut terserang diare memang sangat tidak nyaman rasanya, ditambah harus bolak-balik ke kamar mandi. Biasanya diare diakibatkan oleh mengonsumsi makan yang tidak bersih. Selain itu, diare juga dapat membuat tubuh dehidrasi.

Pertolongan utama yang dapat dilakukan adalah dengan cara membuat obat sendiri di rumah. Seperti dilansir dalam laman boldsky.com Senin 18 April 2016, berikut resep ramuan rumahan berbahan dasar jahe yang dapat membantu mengatasi diare.

1. Jahe dengan madu
Parut 1 ruas jahe dan tambahkan 1 sendok teh madu, lalu seduh dengan air hangat. Madu bersifat antibakteri yang dapat menghancurkan bakteri-bakteri akibat diare.

2. Jahe dengan gula
Parut 1 ruas jahe dalam cangkir, lalu tuang air hangat. Kemudian, tambahkan gula sesuai selera untuk memberikan rasa manis sehingga air jahe lebih nikmat. Ramuan ini dapat mengontrol fungsi kerja usus. Minum ramuan ini satu kali sehari sekali agar diare hilang.

3. Jahe dengan lemon
Jahe dan lemon juga dapat menjadi obat rumahan yang menyembuhkan Anda dari diare. Caranya mudah, parutlah satu ruas jahe dan tambahkan satu sendok makan air. Selanjutnya tambahkan satu sendok makan perasan lemon, jika Anda suka dapat menambahkan sedikit lada hitam. Minum ramuan obat ini dua kali dalam sehari.

4. Jahe dengan kayu manis
Seperti jahe, kayu manis juga merupakan rempah-rempah yang dikenal untuk dijadikan obat. Campurkan satu ruas parutan jahe dengan satu sendok teh kayu manis dan satu sendok teh madu. Minum ramuan tersebut untuk menghilangkan diare.

5. Jahe dengan air kelapa
Air kelapa juga dikenal sebagai obat diare. Air kelapa kaya akan mineral dan vitamin yang dapat meluruhkan bakteri akibat diare. Caranya cukup dengan menambahkan satu sendok teh parutan jahe ke dalam air kelapa. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari untuk menyembuhkan perut dari diare.

Jahe memang banyak digunakan sebagai bahan alami yang dapat mengobati berbagai penyakit terutama keluhan pada perut. Minuman tradisional buatan rumahan tersebut dapat cepat menyembuhkan diare secara alami. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section