1. HOME
  2. FOODILICIOUS
MONEY WEEKEND

Tiga Mi Ayam Khas Rumahan Lezat di Jakarta

Sekarang mi ayam sudah menjadi makanan khas Indonesia.

By Azalia Amadea 4 Desember 2015 15:31
Bakmi Boy/Azalia Amadea

Money.id - Bakmi ayam merupakan makanan yang terbuat dari mi kuning yang direbus kemudian diberikan bumbu. Bakmi disajikan lengkap dengan potongan ayam serta sayuran.

Penjual mi ayam tersebar luas di mana saja, dari yang di kampung sampai di kota.

Awalnya mi berasal dari China, tetapi mi ayam di Indonesia berbeda dengan di China. Meskipun mi bukan makanan asli dari Indonesia, namun sekarang mi ayam sudah menjadi makanan khas Indonesia.

Tempat penjualan mi ayam beragam dari yang kelas restoran, rumahan sampai mie ayam gerobakan.

Anda tidak usah bersusah payah mencari tempat makan mi ayam apalagi bagi Anda yang berdomisili di Jakarta. Berikut tiga tempat makan mi ayam nikmat rasa zaman dulu yang dapat Anda coba.

1. Bakmi Boy

Kedai bakmi ayam ini sudah ada sejak tahun 1963. Restoran milik keluarga keturunan China ini awalnya dijajakan di garasi rumah pemiliknya.

Bakmi Boy pertama kali dibuka di kawasan Mayestik, lalu membuka cabang keduanya pada tahun 1978 di kawasan Blok M yang saat ini sudah berpindah ke kawasan Bintaro. Cabang terakhir dibuka pada tahun 1987 di Jalan Cikajang no 42, Santa, Jakarta Selatan.

Bakmi ayam di sini sering disebut oleh pelanggannya sebagai bakmi ayam rasa "jaman dulu alias jadoel", dengan suasana tempat makan mi ayam rumahan.

Bakmi disajikan dengan ayam putih serta sawi ini dapat disantap dengan pelengkap seperti bakso atau pangsit rebus.

Harga bakmi ayam polos Rp19.500, sedangkan bagi Anda yang suka makan bakmi ayam dengan bakso atau pangsit rebus dibanderol dengan harga Rp32 ribu.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengganti minya menjadi kwetiauw atau bihun, dengan harga yang sama. Di sini tersedia es jeruk murni segar dengan harga Rp17 ribu, atau es kelapa jeruk dengan harga Rp20 ribu.

Tidak usah khawatir dengan harganya yang lebih mahal dibanding harga mi ayam pada umumnya, karena rasa yang disajikan juga akan membuat Anda ketagihan dan ingin balik lagi. Bakmi Boy buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 20.00.

2. Mie Ayam Yunus

Warung mi ayam yang terletak di samping Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan ini selalu terlihat ramai. Warung ini sudah buka sejak 30 tahun yang lalu.

Nama Yunus sendiri diambil dari nama pemiliknya Haji Yunus. Awalnya mi ayam ini dijajakan dengan menggunakan gerobak keliling pada tahun 1984, yang berjualan Pak Yunus sendiri.

Mi Ayam Yunus memiliki cita rasa mi gerobakan zaman dulu. Mi Ayam Yunus terdiri dari mi kuning yang disajikan dengan ayam manis kecokelatan, ditambah taburan daun bawang dan sayur sawi.

Harga untuk semangkuk mi ayam polos adalah Rp14 ribu, sedangkan Anda yang senang makan mi ayam dengan bakso dibanderol dengan harga Rp18 ribu. Warung mi ayam ini buka setiap harinya dari pukul 09.00 sampai 21.00.

Suasana yang disajikan warung makan ini sama seperti sebutannya yaitu suasana warung makan rumahan. Menurut pelanggannya, mi Yunus memiliki cita rasa yang enak, dan ngangenin juga harganya pas di kantong.

3. Mie Ayam Bangka Asan

Mi ayam ini berbeda dengan mi lainnya. Ciri khas dari sajian mi ayam bangka ini yaitu menggunakan tambahan sayuran taoge dan saus sambal zaman dulu.

Mi Ayam Bangka Asan sudah buka sejak 13 tahun yang lalu. Awalnya mi ayam ini dijajakan di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak.

Rumah makan mi ayam ini terletak di Jalan Tebet Barat IX no 28A, menyajikan suasana tempat makan mi rumahan serta nyaman.

Rumah makan ini buka pada hari Selasa sampai Sabtu mulai pukul 09.00 sampai 20.00, sedangkan untuk hari Senin dan Minggu buka mulai pukul 09.00 sampai 15.00 saja.

Dalam semangkuk mi terdiri dari mi yang disajikan dengan ayam cincang, taoge, sayur sawi dan taburan daun bawang.

Untuk harga semangkuk mi ayam bangka polos dihargai Rp14 ribu. Sedangkan untuk mi ayam bangka bakso atau mi ayam bangka pangsit rebus dihargai Rp16 ribu.

Anda juga dapat mencoba sajian mi ayam bangka tahu kok yang disajikan dengan bakso tahu. Mi ayam bangka tahu dihargai Rp28 ribu.

Bagi yang meyukai pedas, Anda dapat mencoba makan mi ayam bangka dengan 4 varian saus sambal yang berbeda (saus sambal cap ibu jari, sedap wangi, belibis dan pohon cabe). Anda juga dapat menambahkan sambal bawang putih serta acar rawit. (poy)

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section