1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

10 Bahan Ini Berikan Rasa Nikmat pada Makanan

Kunci dasar lezatnya sebuah masakan terletak pada bahan-bahan yang digunakan.

By Putri Nabilla 30 November 2015 18:43
Ilustrasi bumbu dapur / Pixabay

Money.id - Bumbu memiliki peran besar dalam menghasilkan suatu hidangan. Lezat atau tidaknya suatu makanan tergantung dari bumbu yang kita gunakan.

Selain memberikan rasa dan aroma, bumbu juga dapat memberikan semangat tersendiri bagi kita dalam menyantap makanan. 

Seperti yang dilansir dari ehow.com pada Senin 30 November 2015, ada sepuluh bumbu yang bisa membuat setiap rasa hidangan jauh lebih baik.

Minyak zaitun

Minyak Zaitun merupakan bumbu yang dapat membuat suatu hidangan menjadi lezat. Dapat digunakan untuk menumis, memberikan rasa asin dan sajian yang menggunakan minyak ini, akan terasa lebih istimewa.

Harga minyak zaitun memang sedikit lebih mahal dibandingkan minyak biasanya, tetapi dapat menghasilkan masakan yang sehat dan rasa fantastik.

Bawang putih

Siapa yang tidak mengenal bawang putih? Bumbu dapur ini hampir dipakai di setiap masakan nusantara.

Dapat digunakan hanya sekadar untuk menumis, memberikan efek harum pada masakan. Aromatik rasa bawang putih punya manfaat antioksidan yang kuat.

Bawang putih mengandung allicin, antioksidan alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Allicin ini hanya keluar setelah dihancurkan.

Herbal segar

Herbal di sini merupakan tumbuhan daun-daunan segar yang berfungsi sebagai penghias dan pemanis tampilan suatu hidangan.

Namun perannya juga dapat menimbulkan rasa yang segar dan akan membuat rasa makanan Anda jauh lebih baik. Contohnya daun kemangi segar, daun salada, oregano, dan daun peterseli. 

Citrus seperti jus jeruk lemon

Sesuatu yang ada di dalam kemasan tidak sama dengan bahan-bahan alami. Sama seperti lemon atau jus jeruk yang langsung dari buahnya, jauh lebih segar, bukan dari dalam kemasan.

Selain itu, jeruk memberikan efek wangi dan kesegaran dari buah aslinya menbuat Anda semangat dalam menyantap makanan.

Perasan buah jeruk lemon juga dapat menjadikan hidangan lezat, dan memberikan aromatik di setiap hidangan, contohnya pada sajian sate.

Garam

Garam mungkin menjadi bumbu yang paling penting dan selalu ada dalam setiap hidangan. Bila tak ada peran garam, maka makanan Anda akan terasa hambar.

Garam kristal atau garam kosher jauh lebih mudah untuk dikontrol dan mereka lebih tahan lama karena mencair lebih lambat, memungkinkan untuk menambahkan bumbu pada masakkan.

Tetapi kegunaan garam meja masih yang terbaik untuk masakan yang dipanggang, karena menyebar lebih baik dan merata daripada garam kosher.

Lada hitam

Jika garam memberikan rasa tidak hambar untuk makanan, lain halnya dengan lada yang menambahkan aroma merangsang selera.

Jadi jangan melupakan memberi lada karena ini menjadi bagian dari bumbu terbaik selain memberikan rasa pedas. Tetapi jangan sampai terhirup hidung, karena akan memberikan efek bersin yang berkepanjangan.

Kaldu

Untuk mencapai lapisan dan kedalaman rasa yang menggugah selera dalam sup, semur, saus, dan hidangan lainnya, salah satu bahan yang paling penting adalah kaldu ayam, kaldu daging sapi, kaldu ikan, kaldu udang.

Setiap kaldu menggunakan berbagai sayuran dan daging kaldu akan mengubah kuliner Anda menjadi lebih baik. Kaldu atau sari dapat dihasilkan dari rebusan tulang, daging, sayuran dan dapat menciptakan rasa yang luar biasa lezat.

Daun salam

Mungkin sedikit orang yang memakai daun salam. Daun salam sberpengaruh penting dalam suatu masakan.

Daun salam mempunyai rasa yang kuat dan kental. Memiliki ekstra rasa yang dominan dan memberikan rasa hangat.

Dalam pembuatan nasi uduk, daun salam menjadi pemeran utama yang memberikan aroma dan rasa yang khas.

Butter

Berbeda dengan margarin, tetapi hampir sama dengan mentega (lemak hewani), hanya saja butter terbuat dari bahan dasar susu dan garam.

Butter biasa digunakan untuk bahan dasar utama dalam membuat kue, cookies, pancake, keju panggang atau sekadar menyantapnya dengan roti saja. 

Dijon mustard

Dijon Mustard berasal dari Perancis Timur yang terbuat dari biji mustard, fungsi dan tampilannya seperti mayones. Rasanya lezat, aromanya sangat tajam.

Biasanya disandingkan dengan sandwich atau hidangan seperti makaroni keju dan ikan bakar. Dijon dapat di jadikan saus lezat sederhana dengan mencampurkan beberapa dijon dan lelehan mentega (yang diberikan beberapa lemon dan tepung) untuk ikan panggang. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section