1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Catat! Ini Tips Memilih Cumi Segar dan Layak Olah

Ada lima tahap yang harus Anda ketahui, yaitu...

By Azalia Amadea 23 September 2016 09:15
Ilustrasi cumi segar (pixabay.com)

Money.id - Cumi-cumi merupakan salah satu makanan yang paling digemari, terutama para penyuka Seafood atau Chinesse Food. Tektur daging berwarna putih kenyal itu biasa diolah menjadi cumi goreng gurih dan renyah. 

Namun sajian laut ini akan terasa nikmat jika bahan yang digunakan masih segar dan layak untuk diolah. Melansir laman royco.co.id, Jumat 23 September 2016, berikut tips memilih cumi segar dan layak olah agar sajian cumi goreng tepung Anda semakin nikmat. 

(Mengolah cumi © 2016 money.id/bbcgoodfood.com)

1. Kenali cumi segar dari tampilannya. Pilih cumi yang berkulit putih dengan bercak cokelat kemerahan dan tidak ada sobekan. Anda harus tahu, cumi yang sudah tidak segar kulit luarnya berganti warna jadi merah muda dan dagingnya berwarna kekuningan.

2. Cumi segar dapat dilihat dari matanya yang berwarna bening. Selain itu, cumi segar kepalanya masih melekat dan kulit arinya berwarna putih bening. Jika kulit ari sudah berwarna keunguan maka kulitas cumi sudah kurang baik.

3. Kesegaran cumi juga dapat dilihat dari baunya. Saat dicium, cumi segar tidak menyebarkan aroma anyir atau amis. Cumi segar memiliki bau khas aroma air laut yang tidak menyengat.

4. Jika Anda ingin menyimpan cumi sebaiknya jangan lebih dari dua hari. Cumi yang sudah berumur lebih dari dua hari, kulitasnya sudah menurun dan tak layak konsumsi.

5. Agar kualitas kesegaran cumi tak berkurang, maka simpanlah cumi dalam freezer bersuhu di bawah 18 derajat celcius. Dengan cara tersebut cumi dapat bertahan selama dua bulan. (els)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section