1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Tanpa Sadar, Hal Sederhana Ini Kuras Kantong Anda!

Uang sekitar Rp700 ribu sampai Rp1 juta yang dikeluarkan tiap bulan, dapat 'duduk' aman di dompet Anda, caranya...

By Stella Maris 16 Oktober 2015 08:04
Simpan uang Anda (cupidtradesandfinance.com).

Money.id - Penghasilan atau gaji sebulan terasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan keseharian Anda? Kondisi ini kerap dikeluhkan setiap orang, terutama mereka yang belum berumah tangga.

Dikutip laman Lifedaily, Kamis 15 Oktober 2015 ternyata faktor penyebabnya sangat sederhana. Tanpa sadar total 'recehan' rupiah yang Anda keluarkan untuk beberapa keperluan sekunder, menguras kantong lho!

Apa saja? Cek daftar pengeluaran yang sebetulnya masih bisa hemat:

Kopi
Minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup. Saat jam makan siang atau usai jam kerja, Anda kerap berkumpul bersama teman-teman di coffee shop favorit.

Hitung saja, secangkir kopi atau menu favorit lain yang Anda pesan harganya mulai dari Rp30-70 ribu. Bila setiap hari kegiatan itu dilakukan, hitung berapa banyak uang yang Anda keluarkan?

Padahal dengan membeli kopi arabika atau robusta favorit, Anda bisa mencicipi di rumah, tanpa harus mengeluarkan banyak uang bukan?

Gym
Ada baiknya Anda berhati-hati dengan potongan harga yang ditawarkan oleh tempat kebugaran alias gym. Tahukah Anda, sekitar empat dari lima member gym mengaku tidak memakai keanggotaannya di tahun pertama.

Bila Anda tidak benar-benar menggunakan keanggotaan karena sibuk dengan pekerjaan, berhentilah mulai hari ini. Dengan demikian uang sekitar Rp700 ribu sampai Rp1 juta yang dikeluarkan setiap bulan, dapat 'duduk' aman di dompet Anda.  

Lain cerita jika Anda memang berkomitmen penuh untuk berolahraga di gym.

Pakaian
Anda merasa pakaian yang ada di dalam lemari sudah kuno dan butuh outfit baru? Berhentilah mengeluhkan hal tersebut, karena hal itu hanya membuang-buang uang Anda.

Tidak sedikit di antara wanita pada khususnya, langsung 'melarikan diri' ke mal guna mendapatkan pakaian baru. Namun belum mendapatkan busana yang diinginkan, Anda malah melirik sepatu, dompet, dan barang-barang lain yang sebenarnya belum dibutuhkan.

Makan siang
Anda bekerja di kota besar? Disarankan membawa makanan dari rumah. Itu karena biaya makan siang Anda, dapat lebih hemat sekitar Rp50-100 ribu per harinya.

Air mineral
Sepele, namun cukup menguras kantong karena minuman ini sering dikonsumsi. Daripapda membeli air mineral botolan, lebih baik bawa saja dari rumah.

Selain menyelamatkan planet ini dari tumpukan botol plastik, Anda juga berhasil mengamankan lembaran rupiah di dompet. Nah, mulailah dan jangan malu membawa air putih di botol minum Anda!

Fast food
Jangan ditanya! Selain tidak baik untuk kesehatan, makanan cepat saji atau fast food ternyata buruk untuk dompet Anda. Bila dua kali dalam seminggu Anda pergi ke restoran cepat saji, uang yang harus dikeluarkan sekitar Rp50-60 ribu.

Nah sekarang sudah ingat kemana 'larinya' uang Anda selama ini? Yuk berhemat! (ita)

Suka dengan artikel ini? KLIK LIKE

(sm/sm)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section