1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Menguat, Rupiah Makin Dekati Rp13.000 per Dolar AS

Pada awal pekan ini rupiah dibuka menguat 99 poin atau 0,75 persen ke angka Rp13.032 per dolar AS.

By Rohimat Nurbaya 7 Maret 2016 10:22
Uang Rupiah (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat semakin menguat. Berdasarkan Bloomberg Dollar Index, pada perdagangan hari ini, Senin 7 Maret 2015 rupiah naik 99 poin atau 0,75 persen ke angka Rp13.032 per dolar AS.

Sebelumnya pada perdagangan Jumat, 4 Maret 2016 rupiah dibuka menguat 100 poin atau 0,76 persen ke angka Rp13.132 per dolar AS. Pada pekan lalu rupiah terus bergerak di zona hijau.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan, penguatan rupiah tersebut karena dolar AS terimbas rilis klaim pengangguran yang meningkat dan nonfarm productivity yang cenderung turun.

Setelah itu, kondisi ini juga diikuti juga rendahnya markit composite dan factory orders sempat direspons negatif sehingga berimbas pada melemahnya laju dolar AS.

Rupiah Berpeluang Tembus Level Rp12.800

"Belum lagi, dari perkiraan bank sentral Amerika Serikat, The Fed belum terlihat dengan jelas apakah dalam rapat FOMC Maret ini akan menaikkan suku bunga atau tetap bertahan sehingga memberikan arah yang belum jelas pada laju dolar AS," kata Reza.

Pergerakan rupiah mendapatkan berbagai sentimen positif diantaranya harga minyak yang kini berada di level US$32 per barrel, meredanya kekhawatiran akan ekonomi China, hingga pertemuan G20.

Lalu dari dalam negeri, Kementerian Keuangan Indonesia menyuarakan optimisme keuangan lokal hingga antisipasi terhadap rilis inflasi yang diperkirakan akan stabil melihat tidak banyaknya lonjakan harga yang terjadi.

Reza menambahkan, meski secara tren penguatan rupiah mendekati area oversold-nya namun, jika diasumsikan tidak terjadi profit taking maupun terkena imbas sentimen negatif, maka laju rupiah pun dapat bertahan positif.

"Tetapi, jika asumsi tersebut tidak terpenuhi, maka waspadai potensi pembalikan arah melemah. Support rupiah 13.237 serta resisten 13.085," terangnya. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section