1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Meskipun Pasar Saham Naik, Pembeli Reksa Dana Malah Menurun

Investor lebih memilih jenis reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang dibandingkan reksa dana saham dan campuran

By Nur Chandra Laksana 5 Maret 2016 16:59
Ilustrasi Uang (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Meskipun pasar saham mengalami rebound pada pekan terakhir, nampaknya masih belum mampu mengangkat pangsa pasar reksa dana saham dan campuran. Ditambah dengan bantuan program-program yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mengenjot minat investor masih belum memiliki hasil yang signifikan.

Dilansir dari laman Bareksa, minat investor untuk menambahkan dana ivestasinya ke reksa dana saham dan campuran malah dinilai menurun. Hal ini bisa dilihat dari menurunnya pangsa pasar reksa dana saham dan campuran, walaupun tercatat hanya memiliki pengurangan yang cukup kecil pada 2015 silam.

Namun, pada Februari kemarin tren penurunan masih membayangi para investor. Tercatat, pangsa reksa dana saham masih turun tipis 0,07 persen menjadi 39,44 persen dari sebelumnya yang menyentuh 39,51 persen selama Januari.

Untuk total dana kelolaan reksa dana saham sendiri hanya mencapai Rp111,38 triliun pada penutupan Februari lalu.

Di sisi lain, pangsa pasar reksa dana campuran juga masih memiliki tren yang sama. Tercatat, pangsa pasar reksa dana campuran mengalami penuruan sebesar 0,18 persen menjadi 7,10 persen, sedangkan periode sebelumnya sebesar 7,28 persen.

Untuk total dana kelolaan jenis reksa dana campuran sendiri hanya mencapai Rp20,06 triliun pada akhir Februari lalu.

 

 

Hal sebaliknya justru terlihat pada pangsa pasar reksa dana pendaparan tetap dan pasar uang. Kedua jenis ini justru dikabarkan mengalami kenaikan.

Baca selengkapnya di sini.

 

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section