1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Terus Bergerak Positif, Rupiah Dibuka 13.275 Hari Ini

Rupiah masih bertahan di zona hijau seiring dengan bertahannya aksi beli terhadap rupiah merespons pergerakan laju harga minyak mentah dunia.

By Desy Afrianti 3 Maret 2016 09:45
Uang dolar AS (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dibuka 13.275.00 pada perdagangan hari ini, Kamis 3 Maret 2016. Menurut data Bloomberg, rupiah menguat 26 poin dibanding penutupan kemarin yakni 13.301. Hingga pukul 9.25 WIB, rupiah bergerak ke 13.261.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan laju rupiah masih bertahan di zona hijau seiring dengan bertahannya aksi beli terhadap rupiah merespons pergerakan laju harga minyak mentah dunia yang naik hingga berada di level $34/barrel.

Rupiah juga memperoleh amunisi dari BPS yang menyebutkan, Indonesia mengalami deflasi sebesar 0,09 persen sepanjang Februari 2016, sehingga mengindikasikan ekonomi domestik stabil disertai fundamental yang kondusif.

Tidak hanya itu, laju rupiah pun terbantukan sentimen dari stabilnya pergerakan yuan setelah meredanya kekhawatiran potensi devaluasi mata uang China.

Lalu, masuknya aliran dana asing pada pasar obligasi dan saham Indonesia. Ditambah lagi dengan aksi The People's Bank of China yang memangkas Giro Wajib Minimum perbankan sebesar 50 bps menjadi 17 persen.

Rupiah diharapkan dapat kembali melanjutkan pergerakan positifnya yang ditunjang kondisi pasar yang cukup kondusif dengan munculnya berita-berita yang positif.

Diharapkan sentimen positif ini masih dapat terjaga sehingga laju rupiah masih dalam tren positifnya. "Support rupiah 13.327 serta resisten 13.309. Tetap cermati sentimen yang ada terhadap laju rupiah," ucap Reza dalam analisis harian yang diterima Money.id

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section