1. HOME
  2. FINANCE
FRESH

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Kehilangan Pekerjaan

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melewati hari-hari yang tidak menyenangkan tersebut.

By Abdul Kharis 3 Maret 2016 08:32
Ilustrasi orang yang kebingungan setelahberhenti bekerja (finance yahoo.com)

Money.id - Anda baru diberhentikan dari tempat kerja atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK)? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melewati hari-hari yang tidak menyenangkan tersebut.

Kehilangan pekerjaan adalah salah satu hal yang paling sulit dalam karier, apalagi ketika itu kejadian tak terduga.

Seperti yang diposting pengusaha James Altucher di Linkedin, hari-hari berikutnya tidak akan menjadi lebih mudah setelah kehilangan pekerjaan.

Altucher, yang telah dipecat berkali-kali mengatakan, "Hal yang tidak membantu adalah melakukan sesuatu yang tidak penting setiap hari setelah dipecat," ujarnya dikutip dari Businessinsider, Rabu, 2 Maret 2016.

Menurut dia, berikut ini adalah lima hal yang harus dilakukan pada hari-hari setelah kehilangan pekerjaan.

1. Mengatur emosi

Kunci untuk mengatur emosi adalah tetap merasa tenang. Dia menyarankan mulai dengan mengakui apa yang Anda rasakan. Kemudian mencari tahu apa yang akan dilakukan dengan emosi tersebut dan bagaimana meresponsnya.

Apabila membiarkan emosi tidak terkontrol, itu akan membuat Anda melakukan hal yang bodoh.

2. Menikmati kebebasan baru

Lakukan tidur teratur, bangun pagi-pagi, olahraga, mandi, mengenakan baju yang rapi, pergi ke kota, dan pergi berjalan-jalan setiap hari sewaktu menganggur.

Altucher menyarankan, Anda perlu menjaga hal-hal menjadi senormal mungkin selama waktu yang sulit ini, dengan tetap sibuk dan aktif. Jangan duduk diam saja di rumah dan melamuni nasib.

3. Lepaskan dendam

"Anda akan merasa kesal tentang orang-orang di pekerjaan lama. Menurut Anda mereka bersalah ," kata Altucher. Tetapi ingat bahwa mereka juga hanya mencari nafkah.

Buatlah daftar kebaikan bos lama Anda dan rekan kerja, dan mengirim email kepada mereka memberitahu mengapa Anda pikir mereka baik, Altucher menyarankan.

Dan juga, berterima kasihlah kepada mereka atas kesempatan untuk bekerja bersama dan untuk apa pun yang mungkin telah diajarkan kepada Anda.

4. Makan siang dengan seseorang yang Anda belum melihatnya selama beberapa tahun

Altucher mengatakan bertemu dengan seseorang yang sudah lama tidak ditemui seperti menyuntikkan darah baru ke dalam sistem Anda.

"Anda membutuhkan transfusi total, untuk menyingkirkan darah tua yang terinfeksi." Plus, itu adalah cara yang bagus untuk membentuk jaringan dan membiarkan orang tahu Anda sedang berburu pekerjaan baru.

5. Menuliskan daftar prestasi besar Anda

"Itu wajar untuk kehilangan kepercayaan diri setelah PHK, dan merasa seperti terasingkan. Ini akan memiliki dampak jangka panjang," tuturnya.

Dia menyarankan membuat daftar dari prestasi terbesar sewaktu bekerja untuk mengingatkan diri bahwa Anda memiliki keahlian yang baik yang membuat diri merasa berharga. (poy)

Baca Juga

 

 

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section