1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Investasi, Lebih baik Emas Kuning atau Putih?

Beberapa hal ini perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan investasi emas kuning atau putih.

By Azalia Amadea 3 Januari 2016 07:01
Ilustrasi investasi emas (Foto: ringodream.net)

Money.id - Emas merupakan lahan investasi yang menjanjikan, memiliki harga yang stabil. Emas juga digadang sebagai perhiasan yang nilainya abadi. Namun terkadang para konsumen yang ingin membeli emas sebagai lahan investasi, bingung lebih baik memilih emas kuning atau emas putih.

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum akhirnya memutuskan emas jenis apa yang akan dibeli. Salah satunya pertimbangan baik dari segi nilai invetasinya, ekonomis dan juga selera pembelinya.

Dilansir dalam berbagai sumber, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan jika ingin berinvestasi baik emas kuning maupun putih.

Emas Kuning

Foto: thebftonline.com

Emas murni memang memiliki warna kuning. Emas murni biasanya berbentuk batangan.

Namun kebanyakan emas kuning di pasaran merupakan campuran emas murni, tembaga dan zinc. Harga emas kuning lebih murah dibandingkan dengan emas putih.

Namun bagi Anda yang bertujuan membeli emas untuk berinvestasi dalam jangan waktu panjang, emas kuning memang paling disarankan. Harga jual emas kuning lebih stabil dibandingkan harga jual emas putih.

Beda halnya jika Anda ingin membeli emas untuk digunakan sebagai perhiasan. Bagi Anda yang memiliki kulit dengan warna putih atau putih pucat, memakai perhiasan emas kuning kurang disarankan karena akan membuat kulit terlihat pucat. Pemakaian emas kuning juga membutuhkan kehati-hatian karena emas jenis ini lebih lunak sehingga mudah tergores.

Dari segi perawatannya, emas kuning membutuhkan perawatan yang intensif harus sering dipoles. Hal tersebut dilakukan agar emas kuning tetap terlihat berkilau.

Emas putih

Foto: wallpaperbeta.com

Emas putih juga memiliki penggemar yang cukup banyak, namun jenis emas ini biasanya lebih diperuntukkan sebagai perhiasan pakai. Emas putih lebih kuat dan cenderung tahan lama.

Emas putih biasanya memiliki campuran dengan nikel atau palladium. Namun biasanya di pasaran lebih banyak yang menjual emas putih dengan campuran nikel.

Harga beli emas putih lebih mahal daripada harga beli emas kuning. Hal tersebut disebabkan oleh pembuatannya yang sedikit lebih rumit dan campuran logam yang digunakan pada emas putih.

Harga jual emas putih memiliki nilai jual yang kurang baik, lebih turun dibandingkan nilai jual emas kuning. Jenis emas putih kurang diminati untuk invetasi jangka panjang.

Namun beda halnya jika Anda ingin membeli emas untuk perhiasan, emas putih sangat disarankan. Emas dengan jenis ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan emas putih, dengan berat yang ringan dan mudah untuk dibentuk.

Dalam perawatannya pun emas putih lebih mudah, hanya perlu sekali-kali emas putih dilapisi kembali dengan lapisan rhodium agar tetap bersinar.

Baik emas kuning maupun emas putih sama-sama emas. Perbedaan emas kuning dan putih hanya pada logam yang dicampurkan saja. Mau pilih yang mana? Itu kembali pada tujuan utama Anda membeli emas untuk apa, dan juga tergantung selera Anda. (berbagai sumber/ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section