1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ingin Naik Gaji? Simak Tips Ini!

Siapa sih yang tidak mau naik gaji? Tapi urusan bernegosiasi gaji bukan perkara mudah

By Dian Rosalina 2 Januari 2016 18:01
Ilustrasi Diskusi Kenaikan Gaji (www.thegrindstone.com)

Money.id - Memasuki tahun yang baru ini, tentu saja Anda harus mengalami perubahan kearah yang lebih positif. Tidak hanya soal kehidupan pribadi, tetapi perubahan di dalam pekerjaan Anda.

Bila Anda memiliki resolusi untuk tahun ini adalah bernegosiasi mengenai kenaikan gaji dan promosi jabatan, itu baik. Namun tentu saja itu bukan sesuatu yang mudah untuk dibicarakan kepada atasan Anda, bukan?

Dilansir dari realsimple, Sabtu 2 Januari 2016, nego gaji cenderung sensitif. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membangun kepercayaan diri untuk dapat bernegosiasi dengan atasan Anda. Tips ini akan membantu Anda agar lebih nyaman saat bernegosiasi.

1. Alasan yang tepat

Banyak orang yang pada akhirnya tidak sukses bernego gaji karena tidak memiliki alasan yang tepat. Sebuah perusahaan akan mempertimbangkan soal kenaikan gaji atau promosi apabila Anda bisa meyakinkan mereka kontribusi apa yang akan Anda berikan.

Tentukan alasan yang tepat mengapa Anda pantas menerima perubahan tersebut. Misalnya pengakuan, keinginan memiliki karier yang lebih maju, ingin memiliki upah yang setara, atau Anda sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan.

Nyatakan motivasi apa yang melatarbelakangi permintaan Anda. Hal itu akan memudahkan Anda mengalami percakapan yang lebih dalam dan menemukan solusi bersama.

2. Nada positif

Saat berbicara tentang kenaikan gaji, usahakan nada bicara Anda jangan tergesa-gesa, terdengar tegang, dan keras. Cobalah lebih ramah dan terbuka. Katakanlah "Terima kasih telah meluangkan waktu untuk bertemu membahas hal ini" itu membuat suasana lebih santai.

Saat Anda menghadap atasan, tersenyumlah dan jabat tangannya. Katakan niat Anda bertemu dengannya. Itu akan memberikan kesan baik kepada atasan Anda.

3. Brainstorming

Isu meminta kenaikan gaji adalah hal yang sensitif. Terlebih perusahaan Anda dalam keadaan sedang tidak stabil. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

Bila pada akhirnya tidak menjadi sesuatu yang belum bisa diterima, katakan bahwa Anda akan mempertimbangkannya dan berikan solusi lain.

Misalnya bila Anda mendapatkan kenaikan gaji yang sesuai dengan kemampuan, Anda akan mengambil kelas kursus untuk mengembangkan diri. Memberikan ide proyek baru kepada perusahaan atau bersedia dipindahkan ke kantor cabang untuk memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan.

4. Tetap tenang

Setelah Anda mengutarakan maksud dengan tenang dan penuh keyakinan, dengarkan sisi dari atasan Anda. Kemudian nyatakan kembali perspektif Anda mengenai pendapatnya dengan tetap tenang.

Itu menunjukkan bahwa Anda mendengarkan mereka dengan baik dan tanpa ada serangan. Cobalah membuat kata-kata yang lembut dan tetap sopan.

5. Keluar dengan anggun

Diterima atau tidak permintaan Anda, setelah keluar dari ruang atasan jangan memperlihatkan emosi Anda. Bila gagal, Anda punya lain waktu untuk mencari semacam solusi bersama yang terbaik bagi diri Anda dan perusahaan.

Negosiasi adalah sebuah proses, bukan hanya percakapan. Hal tersebut penting untuk menjaga hubungan Anda dengan perusahaan daripada meminta secara paksa untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section