1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Catat! Lima Pos Keuangan Penting

Memasuki tahun yang baru kondisi keuangan harus semakin membaik.

By Rohimat Nurbaya 2 Januari 2016 12:00
Ilustrasi menganggarkan keuangan (Pixabay)

Money.id - Memasuki tahun yang baru kondisi keuangan harus lebih baik. Perlu diperhatikan pos keuangan yang wajib dianggarkan setiap bulannya.

Dikutip dari website Prita Hapsari Ghozie, seorang Financial & Business Planner, ada lima pos yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan. Berikut daftarnya:

1. Pos dana darurat

Pastikan jumlah dana darurat Anda ideal. Untuk keluarga dengan dua orang anak, pastikan jumlah dana darurat minimal 6 x pengeluaran rutin bulanan. Misal pengeluaran rutin 5 juta, maka dana darurat harus ada 30 juta di tabungan terpisah.

2. Pos utang rumah

Saldo utang perumahan seharusnya menurun dari tahun lalu. Periksa laporan debit utang Anda, apakah ada kenaikan suku bunga.

3. Pos utang kartu kredit

Masih ada juga utang kartu kredit? Maaf sepertinya Anda harus menggunting dulu kartu kredit dan beralih ke kartu debit. Lunasi tagihan yang tersisa dengan dana kas dari bonus.

4. Pos investasi

Sudah berapa banyak aset investasi Anda? Indikator yang sehat adalah penambahan 10% dari awal tahun lalu ke awal tahun ini. Jika tahun lalu aset 10 juta, maka seharusnya awal tahun 2015 aset Anda minimal 11 juta.

5. Pos asuransi

Periksa polis asuransi jiwa yang Anda miliki saat ini. Perhatikan uang pertanggungannya. Cukupkah untuk kebutuhan keluarga Anda? (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section