1. HOME
  2. FINANCE
HARGA EMAS

Hati-hati Tertipu, Begini Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu

Jangan sampai emas yang Anda beli palsu, bukannya untung malah rugi.

By Desy Afrianti 31 Desember 2015 10:00
Ilustrasi emas

Money.id - Beberapa hari terakhir ini harga emas cenderung stabil. Harga emas batangan di unit bisnis pengolahan dan penjualan PT Aneka Tambang masih dibuka stagnan Rp 545.000 per gram, Rabu 31 Desember 2015.

Menurut web resmi Antam, harga emas di Jakarta dijual pada kisaran Rp505.600 hingga Rp545.000 per gram.

Harga tersebut mulai terbesar untuk ukuran 1 gram dan harga terkecil untuk ukuran 500 gram. Sedangkan harga jual kembali naik Rp1.000 menjadi Rp469.000 dari harga sebelumnya Rp 468.000 per gram

Bagi Anda yang berminat investasi emas, membeli sekarang merupakan saat yang tepat, karena dikhawatirkan esok harga bisa naik.

Untuk investasi, sebaiknya membeli emas langsung ke Antam. Selain harganya bersaing, membeli ke Antam juga lebih terjamin.

Anda yang ingin membeli emas untuk sekadar perhiasan, carilah di toko yang sudah dipercaya. Minta rekomendasi dari orang-orang sekitar Anda agar tidak tertipu emas palsu.

Meski demikian, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang emas. Paling tidak bisa membedakan mana emas asli dan yang palsu. Jangan sampai emas yang Anda beli palsu, bukannya untung malah rugi.

Mengetahui emas asli atau palsu dapat dilakukan dengan cara-cara ini. Berikut adalah ciri-ciri emas palsu seperti dikutip dari Wikipedia.

Bila didekatkan dengan magnet akan menempel.
Bila dijatuhkan akan terdengar bunyi nyaring.
Bila dicium berbau seperti bau besi.
Bila digoreskan pada kaca, kaca akan tergores.
Bila dipakai, akan menimbulkan rasa gatal pada kulit dan kulit menjadi hitam.
Bila dicampur dengan zat asam, seperti asam klorida dan asam sulfat, maka akan tampak larutan logam yang lain.
Bila digosokkan pada keramik, maka akan terdapat garis hitam pada keramik.
Bila digosokkan dengan menggunakan jarum, jarum akan bengkok.

Untuk menguji apakah emas asli atau emas palsu dapat meminta bantuan ahli perhiasan dengan menggunakan sinar-X.

Ini adalah cara yang paling cepat, aman dan mudah untuk menguji keaslian emas. Cara ini tidak menyebabkan emas mengalami kerusakan, namun memerlukan biaya.

Cara lainnya untuk menguji keaslian emas adalah dengan menggunakan larutan asam klorida atau asam sulfat.

Ambil sedikit bagian emas dengan cara menyanyat dengan mengunakan pisau yang tajam lalu letakkan pada tabung kaca.

Jangan lupa untuk memakai sarung tangan karet. Tuang sedikit asam pada emas. Bila ada logam lain, maka logam akan larut dan terpisah dari emas.

Cara ini dapat menyebabkan kerusakan pada emas. Asam yang digunakan untuk melakukan pengujan juga merupakan bahan kimia yang berbahaya, karena dapat menyebabkan luka bakar.

Cara lain yang lebih sederhana adalah dengan memakai perhiasan emas dan memeriksa apakah perhiasan tersebut dapat menghitamkan kulit atau tidak. Emas yang asli tidak akan menghitamkan kulit.

Menusuk emas dengan jarum juga bisa dilakukan untuk mengetahui emas asli atau palsu. Caranya tusuk jarum ke perhiasan emas.

Bila jarum bengkok atau patah, maka perhaisan emas tersebut kemungkinan besar palsu. Hal ini karena emas sangat lembut. Cara ini dapat menyebabkan kerusakan pada emas.

Anda juga bisa menggunakan magnet. Caranya, dekatkan magnet pada emas. Bila emas mendekat, maka emas tersebut tidak murni, melainkan mengandung campuran logam lain yang bukan emas.

Cara berikutnya adalah dengan menggosokkan emas pada keramik tanpa glasir. Bila terdapat garis hitam, itu merupakan pirit.

Bila berwarna kuning emas, maka itu asli. Ubin keramik glasir bisa dibeli di toko bangunan.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section