1. HOME
  2. FINANCE
HARGA EMAS

Investasi Lego Star Wars Lebih Untung dari Emas

Sejak tahun 2000 permintaan Lego meningkat hingga 12 persen, sedangkan emas hanya 9,6 persen dalam periode yang sama

By Putri Nabilla 30 Desember 2015 16:44
Lego Star Wars edisi Millennium Falcon ( Lego.com )

Money.id - Kesadaran dan antusias masyarakat Indonesia dengan investasi emas kian meningkat. Sebagian besar dari masyarakat membeli emas dan menyimpannya untuk sarana investasi rencana masa depan. Investasi emas logam mulia selalu menjadi primadona karena mampu bertahan dengan inflasi dalam perekonomian.

Belum lagi harga emas yang bisa dibilang selalu meningkat dan menjanjikan untuk para pemiliknya. Seseorang yang berinvestasi memiliki tujuan untuk menambah kekayaan, tabungan atau jaminan di masa mendatang.

Namun, seperti dikutip dari bareksa.com pada Rabu 30 Desember 2015, investasi emas dapat tersaingi dengan Lego (sebuah mainan anak terdiri dari bongkah plastik yang bisa disusun menjadi model apa saja).

Sejak 2000, nilai seperangkat Lego dalam kondisi yang baru meningkat hingga 12 persen tiap tahunnya. Sedangkan untuk emas mengalami hanya 9,6 persen dalam periode yang sama.  

Pendiri situs investasi Lego, BrickPicker.com, Ed Maciorowski mengungkapkan saat ini permintaan terhadap Lego dengan set film Star Wars, sedang melonjak luar biasa.

"Suatu set Lego pada satu titik akan berhenti diproduksi, beberapa saat setelah film yang terkait dengannya tak lagi diputar di bioskop," ucapnya.

Saat produksi dihentikan, bagi mereka yang mengoleksi, menyimpan dan merawat Lego dengan kondisi masih bagus dapat menjadikannya sebagai instrumen investasi. Karena dengan kondisi yang masih bagus, lengkap dan rapih, Lego terus diburu para kolektor.

Contohnya koleksi terbatas Millennium Falcon yang merupakan simbol film Star Wars, saat ini laku dijual seharga Rp44 juta-an per unit. Padahal, saat pertama kali dirilis pada 2007 harganya hanya Rp6,9 juta. Ini merupakan pencapaian luar biasa hingga mengalami kurang lebih 6 kali lipat dari harga awal.

Pada seri lainnya the Death Star II (2005) dan Imperial Star Destroyer (2002), masih menempati daftar lima item teratas yang dijual paling mahal di Brickpicker.com. Untuk dua set Lego tersebut saja sudah menghasilkan keuntungan 2.230 persen sejak pertama kali dirilis.

Maciorowski memprediksi seri Lego bertemakan film Star Wars terbaru, The Force Awakens, juga akan menghasilkan keuntungan berlipat ganda nantinya. (dwq)

Selengkapnya baca di tautan ini.

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section