1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Para Pengusaha, Ayo Berlibur! Ini Tipsnya

Sebaiknya Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan dalam minggu terakhir tahun 2015 ini untuk mempersiapkan diri tahun depan.

By Dian Rosalina 28 Desember 2015 13:44
Ilustrasi Pengusaha Berlibur (Forbes.com)

Money.id - Sebagai seorang pengusaha tentunya Anda selalu dituntut agar tidak melepaskan pekerjaan begitu saja ketika libur. Namun sebenarnya penting untuk dapat menikmati hidup selain pekerjaan.

Banyak pemilik bisnis setuju bahwa terkadang setelah kembali dari berlibur, justru mereka kurang beristirahat sepenuhnya. Pemimpin yang tidak bersemangat akan membuat timnya tidak semangat juga.

Dikutip dari Forbes, Senin 28 Desember 2015, sebaiknya Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan dalam pekan terakhir tahun 2015 ini.

Pertimbangkan liburan tersebut sebagai pengalaman Anda untuk mempersiapkan diri tahun depan. Berikut ini tips untuk membantu Anda beristirahat:

1. Rayakan kemenangan Anda

Luangkan waktu untuk merayakan akhir tahun ini. Sebagai pemimpin bisnis, penting untuk memimpin tim Anda dengan baik dengan merenungkan pelajaran dan kesuksesan dari tahun ini.

Duduklah bersama tim Anda, dan buatlah daftar apa saja yang telah Anda capai bersama mereka.

Terbukti secara ilmiah bahwa menghitung daftar pencapaian menciptakan energi baru di masa depan. Manfaatkan hal ini sebagai kesempatan untuk menyetel kembali visi Anda.

2. Membaca buku cerita

Membaca adalah sebuah kegiatan yang banyak manfaatnya. Selain menambah ilmu Anda, itu juga menjadi hiburan tersendiri bagi diri Anda.

Sebagai pebisnis tentunya buku yang selalu Anda baca adalah mengenai bisnis atau biografi pemimpin besar di dunia.

Namun cobala beralih ke buku fiksi bertema komedi ringan misalnya. Banyak penelitian telah dilakukan dan menjelaskan bahwa efek tertawa dapat memberikan seseorang kesejahteraan.

Seperti mengurangi kecemasan, menimbulkan rasa percaya diri tinggi, bahkan menurunkan neurotisisme.

Bagi para pemimpin bisnis yang sibuk, efek ini dapat memberikan hasil yang positif secara tidak langsung pada pekerjaan dan produktivitas tim mereka.

3. Pergi keluar

Berpergian keluar kota untuk bersenang-senang agaknya menjadi sesuatu hal yang langka bagi para pengusaha. Banyak penelitian yang muncul menunjukkan tingkat stres dan masalah psikologis pebisnis lebih tinggi.

Pergilah keluar rumah dan nikmati alam bebas. Tubuh Anda akan mendapat keuntungan dari itu, baik secara fisik dan emosional.

Sangat penting bagi para pemimpin untuk meluangkan waktu setiap hari untuk berada di luar atau mengambil hari libur untuk mengeksplorasi taman atau ruang hijau.

4. Buat ruang untuk tenang

Bila Anda seorang ekstrovert atau orang yang mempunyai kepribadian ceria dan suka berada di sekitar orang lain, Anda membutuhkan waktu untuk tenang.

Hal tersebut akan mendorong Anda untuk melepaskan penat dan tenang. Caranya mematikan semua koneksi komunikasi Anda sejenak.

Jika tidak berhasil, liburan ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mencoba ini. Ambil beberapa jam waktu Anda untuk menemukan tempat yang tenang untuk refleksi.

5. Tidur

Bagi sebagian pebisnis, tidur sering diabaikan karena kesibukan yang menyita waktu. Tetapi tidur adalah sebuah kebutuhan yang tak terbantahkan, dan semakin banyak ahli setuju akan hal itu.

Tidur memiliki banyak manfaat bagi diri Anda, seperti mengurangi stres, meningkatkan memori ingatan, menstabilkan berat badan, dan meningkatkan kreativitas.

Jangan lewatkan kesempatan untuk lebih banyak beristirahat. Bagi para pengusaha, itu dapat menjadi cara terbaik untuk me-recharge untuk tahun depan.

Karena itu mungkin akan membantu Anda untuk merencanakan bisnis ke depan dengan perbedaan energi dan efektivitas dari tim Anda. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section