1. HOME
  2. FINANCE
MONEY TUESDAY

Excelso, Outlet Kopi Asli Nusantara

Excelso dimiliki dan dikelola oleh orang Indonesia, dan di bawah naungan salah satu raksasa pembuat kopi di Nusantara.

By Abdul Kharis 23 Februari 2016 19:00
Salah satu Kafe Ecxelso di Indonesia/Excelso.com

Money.id - Mendengar Kafe Excelso, yang ada di benak kita adalah outlet kopi asal Italia. Tetapi, jika berpikiran  tersebut, Anda salah. Karena kenyataannya, Excelso dimiliki dan dikelola oleh orang Indonesia. Di bawah naungan salah satu raksasa pembuat kopi di Nusantara.

Asal mula Excelso

Excelso pertama dibuka pada bulan September 1991 di Plaza Indonesia, Jakarta, untuk mendukung merek kopi yang baru diciptakan oleh PT Santos Jaya Abadi pada waktu itu, yaitu kopi Excelso.

PT Excelso Multi Rasa yang berdiri sejak tahun 1990 adalah anak perusahaan dari Kapal Api Group. Kapal Api berdiri sejak 1927, bergerak di bidang usaha kopi. Kopi Exelso dibuat dan dipasarkan tetap dalam bentuk kopi biji dengan dua alasan.

Alasan pertama, yaitu memenuhi kebutuhan kopi kelas menengah ke atas di Indonesia. Selanjutnya, untuk menghapus image kopi campuran misalnya kopi dicampur dengan jagung.

Kopi dengan kualitas terbaik adalah masih berbentuk biji dan baru digiling apabila akan diseduh, sehingga benar-benar terjaga citarasanya. Demikian dikutip dari Excelso.com.

Intinya, Kafe Excelso didirikan untuk mendukung pemasaran dan image yang hendak diciptakan untuk kopi buatan Excelso.

Dengan memilih pasar kelas menengah ke atas, maka kopi Excelso hanya dapat ditemui di supermarket-supermarket tertentu dan di Kafe Excelso sendiri. Dengan adanya Kafe Excelso, maka masyarakat dapat menikmati biji kopi segar yang diseduh secara langsung begitu dipesan oleh konsumen.

Kafe ini memiliki moto "When coffe is your lifestyle". Excelso sendiri memiliki filosofi dalam melayani konsumennya, yaitu "Serve with Hearth, Give the Best, dan Get Higher"

Perkembangan Excelso

Saat ini, Excelso terus berkembang dalam jumlah gerai, konsep pelayanan, desain serta jenis kopi, makanan dan minuman yang disajikan. Hal ini seiring dengan tuntutan masyarakat yang telah menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup.

Jumlah gerai Excelso saat ini telah mencapai 122 buah gerai yang tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia.

Dan untuk menangkap pasar yang lebih besar lagi, Kafe Excelso juga mengembangkan konsep pelayanannya disesuaikan dengan potensi lokasi yang ada serta daya beli masyarakat sekitarnya.

Konsep penjualan: kopi, kopi dan kopi

Apapun konsep yang dijalankan, kopi tetap merupakan menu utama di Excelso. Kunjungi de’Excelso atau Kafe Excelso, maka beragam pilihan kopi dapat anda temui pada halaman-halaman pertama buku menu.

Jenis-jenis kopi yang dapat ditemui di Excelso yaitu Single Origin Coffee, terdiri dari dua jenis yaitu Kopi Indonesia dengan Kopi Luwak, Kalosi Toraja, Kopi Lanang Toraja, Sumatra Mandheling, dan Java Estate

Sedangkan, Kopi Internasional menyajikan Jamaican Blue Mountain, Brazilian Santos 3, Columbia Supremo, Blend Coffee, Excelso House Blend, Supremoo Excelso Blend, Premium Robusta, Afternoon Blend, dan Decaff Special.

Selain itu, diciptakan juga berbagai minuman dengan campuran kopi panas ataupun dingin, misalnya beberapa minuman yang sangat terkenal adalah Avocado Coffee, Coffee Float, Mega Mocha Shake, Pearl Coffee dan Frappio, yaitu frozen drink kopi yang sangat nikmat dengan beberapa pilihan rasa.

Namun tentunya, di Excelso tersedia pula pilihan minuman yang tidak terbuat dari kopi, khusus bagi mereka yang tidak menyukai kopi. Berbagai pilihan teh dan minuman dengan bahan dasar buah tersedia untuk Anda.

Kerjasama Excelso dan FWD

Excelso menjalin kerjasama dengan FWD yang merupakan salah satu perusahaan asuransi ternama. Kerjasama itu dituangkan dalam konsep meeting point bagi agen asuransi FWD Life dan pelanggan di Excelso.

Konsep ini dibuat sesuai dengan kebiasaan masyarakat produktif yang menuntut pengalaman bisnis menyenangkan dalam balutan gaya hidup nyaman dengan melakukan transaksi asuransi FWD sambil nongkrong dan ngopi cantik di Excelso.

Presiden Direktur PT Excelso Multi Rasa Kevin Mergonoto mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk mengedukasi masyarakat dalam memiliki asuransi, tanpa mengabaikan gaya hidup mereka yang nyaman dengan cara bertransaksi di Excelso.

"Bersama FWD Life, kami berharap kerjasama ini dapat menjadi proyek jangka panjang untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi," ucap Kevin.

Direktur dan Chief Agency Officer FWD Life, Hendra Thanwijaya menjelaskan, ini merupakan kerjasama untuk menjalankan bisnis masa depan. Sehingga agen asuransi dan calon pelanggan dapat melakukan transaksi sambil minum kopi di kedai Excelso. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section