1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Seberapa Signifikan Industri Kreatif Dorong Ekonomi Indonesia?

Hingga akhir tahun 2014 ekonomi kreatif juga mampu menyumbang Rp716 triliun.

By Dwifantya Aquina 23 Februari 2016 16:21
Pengrajin Lampu hias limbah kulit kerang (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Di era digital seperti sekarang ini, industri ekonomi kreatif diyakini dapat berperan sebagai sumber kekuatan baru ekonomi Indonesia. Dengan kontribusi yang signifikan tersebut, ekonomi kreatif dianggap sebagai sektor strategis dalam pembangunan nasional ke depan.

Bahkan, Presiden Joko Widodo mewacanakan ekonomi kreatif menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Dia berharap industri kreatif ini dapat menciptakan nilai tambah dan mewarnai citra dan identitas budaya.

"Kekuatan kita ada disini, industri kalah sama Jerman, sisi murah kalah dengan China, tapi dari ekonomi kreatif untuk loncatan itu ada, bagaimana ini disiapkan, strategi direncanakan secara detail dan komprehensif,” kata Jokowi.

Hingga akhir tahun 2014 ekonomi kreatif juga mampu menyumbang Rp716 triliun atau setara 7,06 persen total produk domestik bruto (PDB). Tidak hanya tahun ini, PDB yang dihasilkan oleh industri kreatif telah berlangsung sejak sebelumnya.

Pertumbuhan ekspor, yang menjadi bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, juga menopang pertumbuhan ekonomi kreatif yang semakin membaik. Pasalnya... selengkapnya baca di sini.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section