1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Diskon Franchise, Buka Indomaret Cukup Rp376 Juta

Saat berwaralaba dengan Indomaret, semua urusan bisnis dipegang dan diatur oleh Indomaret.

By Abdul Kharis 20 Maret 2016 10:35
Stand Indomaret saat acara IFBC 2016 (Money.id/Abdul Kharis)

Money.id - Indomaret menggelar diskon franchise fee (biaya waralaba) di acara pameran Info Franchise and Business Concept (IFBC) 2016 di Balai Kartini, Jakarta 18 hingga 20 Maret 2016.

Support Franchise Manager Indomaret, Tresno Nur Wibisono mengatakan, selama pameran, total investasi untuk berwaralaba dengan Indomaret hanya Rp376 juta. Sedangkan, di luar pameran IFBC, biaya waralaba Rp394 juta.

"Saat berwaralaba dengan Indomaret, semua urusan bisnis dipegang dan diatur oleh manajemen Indomaret," tutur Tresno saat berbincang dengan Money.id, Sabtu malam, 19 Maret 2016. 

"Orang berwaralaba hanya duduk santai dan melihat laporan keuangan toko Indomaret miliknya," imbuhnya.

Tresno menjelaskan, potongan 50 persen diberikan hanya untuk franchise fee saat berwaralaba di Indomaret selama 5 tahun. Awalnya Rp36 juta menjadi Rp18 juta.

Selain franchise fee, ada biaya promosi dan persiapan pembukaan toko sebesar Rp9,5 juta. Kemudian ada biaya renovasi dan tambah daya listrik sebesar Rp170,5 juta. Ada juga, biaya peralatan elektronik dan non elektronik sejumlah Rp178 juta.

Penyelenggara acara IFBC 2016 adalah NEO Organizer. Acara itu, mengusung tema 'Empowering Indonesia Enterpreneurs atau Pemberdayaan Wirausaha Indonesia'.

Pameran ini tidak hanya menghadirkan usaha dan produk franchise maupun business opportunity, di sana ada juga acara penghargaan bagi para franchisor yang berprestasi.

Kemudian ada bincang bisnis inspiratif, bincang regulasi terkini hingga motivasi bisnis. Selain itu ada penghargaan yang akan diberikan oleh Kementerian Perdagangan RI.

Baca Juga

(rn/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section