1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Misteri Segitiga Bermuda Akhirnya Terungkap

Para lmuwan percaya ada pecahan dari gelembung metana di kawasan itu.

By Rohimat Nurbaya 19 Maret 2016 17:17
Kawasan Segitiga Bermuda (metro.co.uk)

Money.id - Segitiga Bermuda banyak menyimpan misteri. Tempat itu dianggap sebagai tempat paling misterius dan sangat ditakuti oleh para pelaut. Kapal laut bahkan pesawat terbang hilang di kawasan tersebut.

Banyak ilmuwan yang kesulitan untuk memecahkan misteri Segitiga Bermuda tersebut. Namun baru-baru ini, sebuah penelitan dilakukan para ilmuwan asal Norwegia membawa sedikit titik terang tentang misteri Bermuda.

Dikutip dari Metro.co.uk, meski baru sebuah teori dan belum bisa dibuktikan keberadaannya, para ilmuwan memperkirakan bahwa di kawasan Segitiga Bermuda ada sebuah kawah dengan kedalaman 150 kaki (45 meter). Kawah tersebut diperkirakan menyemburkan gas metana yang bisa membuat kapal yang melintas di kawasan tersebut tenggelam begitu saja.

"Beberapa kawah raksasa ada di dasar laut di wilayah Laut Barents, dan mungkin menyebabkan semburan gas yang sangat besar," ujar para peneliti dari Universitas Arctic Noregia kepada Sunday Times.

"Kawah mungkin mewakili salah satu hotspot terbesar yang merilis metana di Arctic," lanjut para ilmuwan tersebut.

Para ilmuwan tersebut menduga kalau pecahan dari gelembung metana itu mampu menenggelamkan kapal. Sekarang, mereka sedang melakukan penelitian untuk membuktikan hipotesis ini dan hasilnya akan selesai bulan depan.

Tahun lalu, seorang ilmuwan dari Institut Trofimuk bernama Igor Yelstov mengatakan hal yang senada. Menurutnya di wilayah Segitiga Bermuda terdapat reaksi hidrat.

"Mereka mulai terurai ketika metana es berubah jadi gas. Hal itu bisa terjadi karena ada longsoran, seperti reaksi nuklir yang menghasilkan sejumlah gas dengan jumlah sangat besar," ujar Igor.

"Itu membuat laut panas dan kapal tenggelam di perairan yang dicampur dengan proporsi gas dalam jumlah besar," imbuhnya.

Segitiga Bermuda adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil persegi atau 4 juta km persegi yang membentuk garis segitiga.

Bermuda berada wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko. Kemudian teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan. Lalu, Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section