1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Bangun 60 SPBG, PGN Minta Pemerintah Tak Persulit Izin

"Kami membangun infrastruktur gas bumi tersebut dengan menggunakan dana PGN sendiri, dan tidak memakai dana APBN."

By Dwifantya Aquina 10 Februari 2016 18:40
Seorang petugas tengah memeriksa pipa gas PGN (bumn.go.id)

Money.id - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan membangun 60 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) hingga 2019.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan, sebanyak 60 unit SPBG yang akan dibangun PGN hingga 2019 antara lain berlokasi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Batam, Lampung, Riau, dan Sumatera Utara.

Hendi menjelaskan, saat ini PGN telah mengoperasikan 5 unit SPBG dan menyalurkan gas bumi ke 14 SPBG mitra. Tak hanya itu, PGN juga menyalurkan gas bumi untuk sektor transportasi dengan menggunakan Mobile Refueling Unit (MRU) di beberapa lokasi seperti di IRTI Monas, Waduk Pluit, Grogol, dan Gresik.

"Saat ini gas bumi PGN sudah memasok bahan bakar untuk bus, bajaj, taksi, hingga kendaraan pribadi," kata Hendi dalam siaran pers yang diterima Money.id, Rabu 10 Februari 2016.

Menurut Hendi, sampai saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 107.690 rumah tangga, 1.857 pelanggan komersial dan UKM, serta 1.529 industri serta pembangkit listrik.

Selain itu, untuk meningkatkan penyaluran gas bumi ke masyarakat, Hendi mengharapkan dukungan alokasi dan pasokan gas bumi dari pemerintah kepada PGN berupa kemudahan perizinan dalam membangun infrastruktur gas bumi di tanah air.

Saat ini PGN telah memiliki dan mengelola pipa gas bumi sepanjang 6.971 kilometer (km). Jumlah ini setara 76 persen jaringan pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia.

”Kami membangun infrastruktur gas bumi tersebut dengan menggunakan dana PGN sendiri, dan tidak memakai dana APBN,” kata Hendi.

Pada 2015, dari penyaluran gas bumi PGN ke berbagai segmen pelanggan, Indonesia dapat menghemat Rp88 triliun. Penghematan itu berasal dari pemanfaatan gas bumi yang disalurkan PGN sebanyak 1.586 MMScfd atau setara penggunaan 286.000 barel minyak per hari.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section