1. HOME
  2. FINANCE
TARIF LISTRIK

7 Kota Ini Jadi Pilot Project Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Tujuh kota tersebut adalah, Jakarta, Bandung, kemudian Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo dan Makassar.

By Rohimat Nurbaya 7 Februari 2016 17:39
Ilustrasi Tiang Listrik (Pixabay)

Money.id - Pemerintah akan melakukan percepatan pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah. Ada tujuh kota yang akan dijadikan pilot project, antara lain: Jakarta, Bandung, kemudian Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo, dan Makassar.

"Dari tujuh kota tersebut memang ada kota-kota besar, kota besar itu biasanya produksi sampahnya di atas 1.000 ton per hari, sedangkan Solo itu di bawah," kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, seperti dikutip dari laman Setkab RI.

Solo akan dijadikan pilot project untuk kota-kota menengah yang produksi sampahnya 200-250 ton per hari. "Diharapkan bekerja sama dengan tempat sekeliling dari kota tersebut,” ucap dia.

Pramono menjelaskan, penunjukan tujuh kota yang akan menjadi pilot project pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah itu akan dituangkan dalam peraturan presiden (perpres). Rencananya akan diajukan oleh Menko Perekonomian berkoordinasi dengan Menko Kemaritiman.

"Pemerintah berharap dengan ditunjuknya tujuh kota ini, persoalan sampah yang selama ini menjadi persoalan yang sangat serius bagi kota-kota besar di seluruh Indonesia akan tertangani," ujar Pramono.

Mengenai mekanisme pembelian hasil ataupun listrik yang dihasilkan dari sampah tersebut, nantinya akan diatur dalam Perpres yang sedang dipersiapkan oleh Menko Perekonomian. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section