1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Terjawab, Mengapa Model Catwalk Tak Pernah Senyum

Banyak orang mengira tak mengumbar senyum saat berjalan di catwalk adalah sebuah keharusan.

By Dian Rosalina 1 Februari 2016 16:30
Ilustrasi Model Catwalk (Cult Noise Magazine)

Money.id - Model, peragawan, atau peragawati adalah orang yang menampilkan busana para desainer di atas catwalk. Namun pernahkah terbersit mengapa semua model yang berjalan di catwalk itu tak pernah senyum?

Banyak orang mengira tak mengumbar senyum saat berjalan di catwalk adalah sebuah keharusan. Dikutip dari Newsweek, Senin 1 Februari 2016, para pengkritik fashion ternyata sering mengeluhkan konsep model yang tidak tersenyum.

Mereka menilai konsep 'cemberut' para model seperti pemain film 'Zoolander'. Padahal sebenarnya, para model diperbolehkan tersenyum, tapi hanya saat desainer muncul bersama model di akhir acara. Itupun senyum yang singkat dan diatur sedemikian rupa.

Oleh sebab itulah, banyak orang beranggapan bahwa fashion memiliki sisi yang angkuh. Memang tidak semua seperti itu, karena ekspresi model sebenarnya mengatakan banyak hal tentang baju yang diperagakannya.

Fotografer Fashion, Horst P Horst mengatakan bahwa konsep model tidak tersenyum telah dipakai sejak lama. Tujuannya untuk menciptakan kesan arogan dari status pakaian yang digunakan para model.

Pada dasarnya, tampilan tersebut seakan menunjukkan bahwa 'Saya lebih baik dari Anda'. Hal itu memperlihatkan sebuah kontrol diri, bibir kaku, dan acuh tak acuh yang menggambarkan kelas atas 'beradab' ala orang Eropa.

Konsep pengendalian emosi yang diperlihatkan para model menunjukkan keprihatinan tinggi atas duniawi; menunjukkan akses pengetahuan yang tinggi dan kepribadian yang tak tergoyahkan.

Ekspresi model
Dalam peragaan busana, seorang model belum bisa memilih pakaian yang ingin dikenakan. Busana dipilihkan oleh desainer dan untuk mempresentasikannya mereka harus memperlihatkan sisi yang kuat dan mampu bergerak dengan lancar.

Oleh karena itu di atas panggung sambil mengenakan busana desainer, lenggak-lenggok mereka harus meyakinkan penonton. Lantaran dinilai mengalihkan perhatian orang dari busana yang digunakan para model sebagai kepribadian sang desainer, maka para model dilarang memancarkan kepribadian mereka sesungguhnya.

Fokus mereka adalah mengatur bibir, otot-otot wajah, dan langkah agar tak tersandung lalu terjatuh di atas catwalk. (els/ita)

 

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section