1. HOME
  2. DIGITAL
UBER TAXI

Raup Investasi Rp27 Triliun, Uber Jadi Rajanya Startup

Sebelum menerima investasi anyar ini, Uber menempati posisi pertama startup paling berharga di dunia dengan nilai mencapai US$ 51 miliar.

By Adhi 15 Januari 2016 19:50
Uber (gotolille.com)

Money.id - Sukses menyabet gelar startup paling berharga di dunia ternyata tak membuat Uber puas. Terkini, penyedia layanan taksi online tersebut dilaporkan baru saja menerima guyuran investasi baru senilai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 27 triliun dari investor China.

Menurut informasi yang dilansir laman Reuters, Jumat 15 Januari 2016, pendanaan ini merupakan bagian dari putaran investasi baru yang dibuka Uber.

Beberapa investor China yang terdaftar ikut mendanai Uber adalah Minsheng Banking Corp, pengembang real estate China Vanke Co Ltd, dan China Broadband Capital.

Investor lainnya antara lain adalah, HNA Group Co Ltd, induk dari Hainan Airlines Co Ltd, China Taiping Insurance Holdings Co Ltd, China Life Insurance Co Ltd, Guangzhou Automobile Group Co ltd, dan CITIC Securities Co Ltd.

Baca juga: Fantastis! Uber Lebih Berharga Dibanding General Motors & Ford

Sebagai informasi, sebelum menerima investasi anyar ini, Uber menempati posisi pertama startup paling berharga di dunia dengan nilai mencapai US$ 51 miliar, setara dengan Rp 688 triliun.

Perusahaan yang didirikan oleh Travis Kalanick ini sukses menggeser Xiaomi, produsen smartphone asal China yang kini berada di posisi kedua dengan nilai US$46 miliar. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Airbnb dengan kisaran nilai US$25 miliar.

Hebatnya lagi, nilai Uber juga telah melampaui dua raksasa otomotif Amerika Serikat, yakni General Motors (GM) dan Ford. Nilai kapitalisasi pasar GM dan Ford diperkikaran "hanya" mencapai sekitar US$56,4 miliar atau lebih dari Rp750 triliun.

Saat ini, Uber beroperasi di 57 negara di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Akan tetapi, eksistensi Uber di sejumlah negara kerap menundang kontroversi dan kecaman dari para penyedia jasa layanan taksi reguler.

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section