1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Lebihi Ekspetasi Analis, Pendapatan Facebook Naik 2 Kali Lipat di 2015

Menurut analis, Pendapatan Facebook meningkat 52% dari tahun sebelumnya menjadi US$ 5.84 miliar atau Rp 79,5 triliun.

By Dian Rosalina 6 Februari 2016 17:35
Facebook (thenextweb.com)

Money.id - Media sosial terbesar di dunia, Facebook mengumumkan pendapatan mereka meningkat dua kali lipat pada kuartal keempat tahun 2015 lalu. Harga saham Facebook kini meningkat lebih dari 13% dan pendapatan meningkat melebihi ekspektasi sejumlah analis.

Dikutip dari Business Insider, pendapatan perusahaan meningkat 52% dari tahun sebelumnya menjadi US$ 5.84 miliar atau Rp 79,5 triliun. Sementara pengguna aktif bulanan naik hingga 1,59 miliar orang atau terjadi kenaikan sekitar 21% dari tahun sebelumnya.

Facebook juga memamerkan jumlah pengguna aktif harian yang mencapai 17% menjadi 1,04 miliar orang. Jumlah itu jauh lebih besar ketimbang keuntungan yang mereka bukukan pada periode yang sama pada 2014.

"Secara keseluruhan kuartal keempat 2015 adalah kuartal terkuat dan hebat untuk mengakhiri tahun. Tapi ini bukan hanya masalah hasil usaha kami, tetapi juga bagaimana kami telah meningkatkan kehidupan masyarakat dan komunitas di seluruh dunia," kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Tidak mengejutkan jika para analis mengatakan pencapaian Facebook sebagai 'sangat kuat', 'lebih bagus dari yang diharapkan', atau 'solid'. Tak kurang dari analis Goldman Sachs, Pacific Crest, Barclays, serta beberapa yang lain telah menaikkan target harga saham Facebook. Seperti Goldman yang menaikkan target harga saham Facebook menjadi US$ 130 atau setara Rp1,7 juta.

"Kami percaya Facebook kini dalam posisi yang baik untuk meningkatkan pangsa iklan digital mereka serta membantu menumbuhkan jangkauan dan efektivitas bagi pengiklan," tulis Goldman Sachs tentang ekspektasi terhadap harga saham Facebook.

Barclays juga menambahkan bahwa hal tersebut adalah sebuah percepatan yang signifikan dari kuartal ketiga. Di samping Instagram sebagai kontributor pertumbuhan yang kuat.

"Kami percaya bisnis inti Facebook akan meningkat 2-4% dan mengalami pertumbuhan dan percepatan tren di kuartal keempat. Kami percaya bisnis inti Facebook meningkat secara signifikan. Meski banyak fokus pada Instagram dan sumber pendapatan baru lainnya, bisnis inti tetap sangat kuat," tulis dia.

Hasil ini menunjukkan bahwa Facebook telah melebihi ekspektasi sejumlah analis selama sepuluh kuartal berturut-turut.

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section