1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Ini Kecepatan Rata-rata Internet Mobile di Indonesia

Indonesia menempati urutan ke-68 di seluruh dunia.

By Nur Chandra Laksana 21 Agustus 2016 16:05
BTS (money.id/dwi narwoko)

Money.id - Dalam menentukan penyedia jasa internet baik mobile maupun broadband, harga paket memang masih jadi petimbangan utama. Selain itu, kecepatan internet juga jadi salah satu pertimbangan dalam memilih operator Internet.

Namun, sebenarnya berapakah kecepatan rata-rata internet di Indonesia?

Menurut lembaga yang bernama OpenSignal, mereka mengumpulkan dan merata-ratakan kecepatan internet di Indonesia pada periode 1 Mei hingga 23 Juli 2016. Dalam hasil yang didapatkan mereka, Indonesia mencatatkan rata-rata kecepatan sebesar 5,37 Mbps kecepatan internet Mobile.

Dengan kecapatan internet mobile tersebut, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-68 di seluruh dunia. Sementara Korea Selatan berada di puncak urutan dengan kecepatan internet mobile sebesar 41,31 Mbps.

Namun perlu diingat, kecepatan rata-rata milik Indonesia masih tergabung antara jaringan 4G dan 3G. Hal ini dikarenakan jaringan 4G di Indonesia yag masih belum merata.

"Untuk negara dengan kecepatan LTE tinggi, tapi rendah cakupan. Total kecepatan rata-ratanya rendah dibandingkan negara yang kecepatan internetnya biasa saja, namun cakupan 4G tinggi," jelas laporan tersebut.

Riset mengungkap bahwa urutan terbawah rata-rata berasal dari negara berkembang di mana pembangunan infrastruktur jaringan belum sebesar negara-negara maju. Misalnya saja, Bangladesh, Etiopia, Vietnam, dan Filipina.

Sekadar informasi, OpenSignal menggunakan lebih dari 12,3 miliar data sampel dan 822.556 sampel pengguna di 95 negara di seluruh dunia.


Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section